Peringatan Hari Kartini

Q Beritakan - Setelah Gelap Terbitlah Terang, Selamat Hari kartini, Peringatan yang kita lakukan setiap tanggal 21 April, Selamat hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Jadilah dia yang tak pernah padam,  selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki.. Selamat Hari Kartini.

Berbagai even dilakukan diberbagai daerah di seluruh Indonesia untuk merayakan hari kartini,selalu diwarnai dengan maraknya peragaan busana yang bernuansa adat, karnaval dengan menggunakan busana adat daerah, lomba pembacaan puisi, seminar tentang kewanitaan dan emansipasinya dan sebagainya. Namun untuk lebih mengetahui secara pasti, apa yang membuat beliau patut untuk kita kenang dan kita renungkan jasa dan pemikiran beliau. sebagai penghargaan terhadap jasa-jasa yang beliau yang begitu besar untuk para wanita Indonesia. 

Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, yang merupakan puteri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang bupati Jepara pada waktu itu. Ia adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, puteri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI.

Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.

Sekali Lagi Selamat hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Jadilah dia yang tak pernah padam,  selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki.. Selamat Hari Kartini.




Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment