Ojo Dumeh Eling Lan Waspodo

Q Beritakan - yuk belajar dan memahami pepatah atau filosofi jawa, yang pada postingan Terkenang Pesan Bapak " OJO DUMEH " sedikit telah kita bahas, nah dalam postingan  Ojo Dumeh Eling Lan Waspodo sedikit lebih mendasar dengan saya ambil dari website nusantaraku dan saya sajikan sama, sekalipun ini bertentangan dengan etika sebagai Publiser iklan yang bisa saja di blokir karena melakukan kopi paste pada artikel, tapi gak papa semoga saja Google Adsense mengerti ini untuk kebaikan, sehingga dapat dimaklumi oleh Gogle. kenapa saya buat seperti aslinya karena saya sekalipun anak orang jawa yang telah lahir di sumatera tentunya sudah banyak kehilangan atau tidak banyak tau tetang budaya jawa, seklipun dalam kehidupan saya selalu diajarkan oleh orang tua saya untuk selelu belajar tentang itikad dan dan budaya supaya tidak kehilangan cirikhas sebagai putra jawa.

Ok yuk kita simak beberapa penuturan dibawah ini, semoga kita bisa memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ojo Dumeh Eling lan Waspodo 
Kejawen iku dudu Agama 
Agama iku nduwe nabi 
Agama iku nduwe kitab suci 
Agama iku saka manca 
Iya apa ora ? iku Agama 
Ilmu Jawa iku tanpa Nabi 
Ilmu Jawa tanpa kitab suci 
Ilmu Jawa ana gurune lan ana siswane 
Ilmu Jawa iku saka tanah Jawa 
Ilmu Jawa iku contone gampang banget yaiku 
Sapa sing salah bakal seleh 
Sapa sing nyilih kudu mbalekake 
Sapa sing bener bakal kepanjer 
Sapa dumeh bakal keweleh 
Dadi ilmu Jawa iku ilmu Kasunyatan 
Rahayu… Rahayu… Rahayu…

Gambar Semar. Di dalam Perut Semar, ada 5 Semar sempurna: Itulah Sandi ‘Semar’ Pancasila. 
  1. Semar Ketuhanan YME, 
  2. Semar Kemanusiaan, 
  3. Semar Persatuan, 
  4. Semar Kerakyatan, dan 
  5. Semar Keadilan-Kemakmuran. 

Sandinya adalah: 
  • Ojo (=Jangan) Na-Ni-Nu-Ne-No. Sederhana bukan? Dan, inilah penjelasannya secara singkat: Ojo Nakal (Jangan Nakal). Maksudnya: Semua pemimpin di negeri ini janganlah berbuat nakal (jahat, culas, curang, dll) terhadap rakyatnya. Selanjutnya, silakan semua pihak menafsirkan artinya.. 
  • Ojo Nipu (Jangan Menipu/Bohong). Maksudnya: Semua pemimpin di negeri ini janganlah menipu/berbohong terhadap rakyatnya. Selanjutnya, silakan semua pihak menafsirkan artinya.. 
  • Ojo Nuduh (Jangan Menuduh). Maksudnya: Semua pemimpin di negeri ini janganlah suka menuduh yang bukan-bukan terhadap rakyatnya. Rakyat itu ‘setyo ing pandum’ (setia pada pemimpinnya yang bisa dipercaya). Selanjutnya, silakan semua pihak menafsirkan artinya.. 
  • Ojo Nelikung (Jangan Memotong Jalan Yang Sudah Benar). Maksudnya: Semua pemimpin di negeri ini janganlah suka menelikung, atau memotong jalan yang sudah benar tentang kewajiban2, tugas, dan tanggung jawab negara terhadap rakyatnya. Jangan korupsi, jangan mengambil hak-hak negara dan hak-hak rakyat, jangan memotong subsidi, jangan menambah beban penderitaan rakyat, jangan membuat proyek akal-akalan, plesir, maksiat, dll yang hanya merugikan negara dan rakyatnya Selanjutnya, silakan semua pihak menafsirkan artinya.. 
  • Ojo Noto Anging Ora Tumoto (Jangan Menata Tapi Tidak Tertata). Maksudnya: Semua pemimpin di negeri ini janganlah asal membuat peraturan, tapi peraturan-peraturan itu kemudian saling bertentangan, merugikan negaranya, merugikan bangsanya, merugikan rakyatnya. Selanjutnya, silakan semua pihak menafsirkan artinya..Sumber ( http://akucintanusantaraku.blogspot.co.id/)
Demikian, Salam Kautaman dan Kamulyan bagi seluruh rakyan jawan dwipan nusantaranan. semoga kita dapat menjalani kehidupan ini dengan berpegang teguh pada keimanan dan ketakwaan kita semua, ahir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta dapat menjadi bahan pengingat buat sahabat semua dimanapun berada.


Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment