Isu Hoax Berita Penculikan Anak

Q Beritakan - Ahir- ahir ini isu penjculikan anak semakin merebak dimana-mana, dimedsos sampai menggunakan pesan singkat berantai melalu media online lainya. oleh sebab itu saya membaca beberapa berita di media Onlen ternama di indonesia yang menyatakan bahwa Isu Penculikan anak tersebut hanya merupakan isu hoax belaka yang entah ada maksud apa dibalik penyebaran isu tersebut, Seperti yang saya kutip dari KOMPAS.com  

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyatakan, kabar penculikan anak yang beredar melalui pesan singkat berantai serta di dunia maya, tidak benar atau hoax.

Kabar tersebut beberapa waktu terakhir beredar di sejumlah wilayah di Tanah Air.

“Saya yakinkan dan sudah cek, di Sumatera Utara dan beberapa wilayah lain termasuk Jakarta, berita tersebut adalah berita hoax,” ujar Saya yakinkan dan sudah cek, di Sumatera Utara dan beberapa wilayah lain termasuk Jakarta, berita tersebut adalah berita hoax,” ujarKapolri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Salah satu pesan berantai tersebut menyebutkan bahwa ada penculikan anak di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Minggu (19/3/2017) lalu.

Pesan itu menyebutkan, pelaku berpura-pura gila saat ditangkap.

Menurut Tito, penyebar isu penculikan anak sengaja memanfaatkan momentum keramaian Pemilihan Kepala Daerah untuk menaikkan isu tersebut.

Tujuannya, selain menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, juga ingin mendelegitimasi wibawa pemerintah.

(baca: Antisipasi Isu Penculikan Anak, Polisi Perketat Daerah Perbatasan)

“Saya selaku pimpinan kepolisian menyatakan tegas, sepanjang sepengetahuan saya dan para kepala kepolisian daerah, semuanya menjawab dan telah melakukan pengecekan, dan menjawab tidak ada,” kata dia.

Tito mengimbau, agar orangtua tidak perlu khawatir dengan isu yang beredar. Meski demikian, ia tetap meminta masyarakat waspada dan tidak mudah percaya dengan kabar hoax.

“Jangan over reaktif dan menjadi panik. Klarifikasi dengan kepolisian, dengan warga di sana, betul atau tidak informasi tersebut sebelum mencerna informasi,” ujarnya.

Menurut saya Hoax atau tidak berita tentang penculikan anak, sebagai orang tua tentunya kita harus berhati-hati dan waspada dalam menjaga anak dan keluarga kita, karena bahaya bisa saja datang bukan hanya penculikan tapi dari mana-mana akibat kelalaian dalam menjaga anak-anak. 

Ingat Bahaya bisa datang kapan saja dan dimana saja, berhati-hati dan selalu waspada itu jauh lebih baik menjaga anak dan keluarga dari marabahaya yang kapan saja datang menimpa. 

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment