PENDIDIKAN BASIS SAT.DEWANTARA UNITAS PADANG

Q Betitakan - Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya. (sumber wikipedia).

Padang 27 sampai 29 januari 2017 Menwa universitas Tamansiswa padang dibawah komando Rektor Universitas tamansiswa Padang Dr. Ediwirman Sp. MP melalui wakil rektor III Bpk. Yevendri. SH. MH. telah melaksanakan PENDIDIKAN BASIS SATUAN DEWANTARA UNITAS PADANG. dalam acara tersebut dipinpin oleh Komandan Satuan Resimen mahasiswa Universitas Tamansiswa padang yaitu Mahardika Eka Prana yang dibantu oleh semua elemen menwa yang ada, telah selesai melakukan acra tersebut dengan sukses yang diahiri dengan penutupan mandi kembang oleh camen yang dilakukan dihalaman markas komando Menwa unitas oleh komandan Mahardika Eka Prana pada prosesi penutupan acara tersebut.

Acara yang berlangsung selama 3 hari dari hari jum'at 27 januari 2017 diisi dengan berapa kegiatan diantaranya adalah :

Pembukaan dikbastis yang dipimpin oleh komandan Menwa unitas padang Mahardika eka prana. yang dilanjutkan dengan orentasi awal Camen ( calon Menwa ) dan dilanjutkan dengan solat asar secara berjamaah, jam 16 : 15 dilanjutkan dengan PBB sampai jam 17;30.

Setelah isoma acara dilanjutkan kembali dengan Materi yang disampaikan oleh komandan Dika mahardika yang disampaikan di markas menwa unitas padang dan dilanjutkan lagi setelah solat isya sampai jam 20:00 dan di ahiri dengan apel malam.

Hari kedua sabtu 28 januari 2017 jam 04 - 04;30 dilakukan senam pagi selanjutnya dilakukan solat subuh bersama, pada jam 05 - 06 ;00 sarapan pagi yang dilanjutkan dengan kegiatan Long March " kampus - pantai purus - pantai padang sampai gunung padang kembali lagi menuju kampus unitas" 





Long March yang dilakukan dari jam 06 sampai 15 : 00 ini di kenalkan kepada Calon anggota menwa tentang teknik - teknik pertempuran dalam menghadapi musuh dalam melakukan bela negara sebagai Resimen mahasisawa yang nantinya akan diaplikasikan menjadi ilmu bela negara. serta dikenal juga teknik- teknik pengendalian Huru hara oleh senior atau pelatih yang pada saat itu memandu jalannya acara.

Setelah kembali dari kegiatan Long March ( Jalan Jauh ) para Camen diberi waktu untuk istirahat  selama 30 menit yang selanjutnya dilakukan kembali untuk memantapkan PPB sampai jam 17 ; 30 yang selanjutnya isoma. 

Malam jam jam 19:20 stelah melaksanakan solat isya diisi dengan pengenalan serta ramah tamah senior terhadap Camen yang dilanjutkan dengan Orentasi yang memberi penjelasan kepada camen tentang struktur kepemimpinan Unitas padang yang diahiri dengan Istirahat.

Minggu hari ke tiga tanggal 29 januari 2017 kegiatan berlangsung pada pukul 00:00 dengan nasi komando dan dilanjutkan dengan Caraka malam sampai jam 05 ;15. dalam acara Caraka malam tersebut diisi dengan bberapa kegiatan untuk camen yang dipandu oleh para senior. 

Caraka malam dimulai dari pos I likasi di kampus Stifarm menuju post II dilantai 3 unitas padang. pada lantai 3 Camen yang dipandu oleh senior atau pelatih diberi pengarahan tentang Panca Darma yang berisi tentang pengetahuan umum kemenwan, dan pengambilan Baju PDL oleh setiap Camen.

Selanjutnya Camen menuju pos III di gedung lantai 2 kampus unitas dan mendapatkan pengenalan tentang arti lambang menwa, dan dilanjutkan ke Pos IV. pada pos empat ini camen mendapatkan uji mental para camen oleh senior yang pada malam itu berada di lokasi pos 4. serta pengambilan Celana PDL dan Kopel oleh Camen.

Pos ahir yaitu pos V yang berlokasi di lantai 2 SMA tamansiswa dengan dibekali materi tentang kesiapan dan ketanggapan yang harus dimiliki setiap para Camen, serta pengambilan Sepatu PDL oleh Camen.


Caraka malam pun berahir pada jam 05:00 dan dilanjutkan solat subuh, setelah camen beristirahat sejenak kegiatan pun dilanjutkan setelah para camen mendapatkan kostum PDL lengkap dan memakainya yang ditandai dengan tradisi mandi kembang kepada setiap camen yang dalam beberapa hari melakukan kegiatan Pendidikan Basis Satuan Dewantara Unitas Padang dan diahiri dengan upacara penutupan yang dipimpin langsung oleh komandan Resimen Mahasiswa Satuan Dewantara Unitas Padang oleh mahardika Eka Prana.





Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment