Model Bisnis Kekinian Untuk Anak Muda 2017

Q Beritakan - 2017 adalah tahun yang unik, karena pada tahun ini jurang offline & online makin sempit, istilah Internet Marketing sudah mulai bergeser ke Digital Marketing, model bisnis baru bermunculan sedangkan yang lama mulai kelihatan usang.
 
Ya.. Itulah dinamika bisnis, dinamika hidup.
 
Sebenarnya saya ingin menulis artikel ini dari tahun lalu, karena seperti biasanya, saya selalu mencari peluang baru, ide baru, pokoknya yang baru-baru.
 
That’s how my brain works, always looking for something new.  "InstingBanget"
Jadi, setelah browsing sana-sini, ngobrol sana-sini, akhirnya ini adalah beberapa model bisnis yang MENURUT SAYA akan makin berkibar di tahun 2017.
 
1. DROPSHIPPING.
 
Salah satu syarat untuk menjadi seorang "PengangguranTerselubung" adalah, tidak punya pekerjaan formal tetapi tetap punya penghasilan, atau active income. Dan model bisnis dropshipping adalah model bisnis yang paling mudah, murah, dan bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.
Mengapa dropshipping? Simplenya begini..
 
MODALnya kecil, tidak ada bisnis yang tidak pakai modal, tetapi dengan sistem dropship, anda hanya perlu investasi budget di satu hal, yaitu IKLAN atau pemasaran. Anda hanya perlu fokus mengasah skill marketing anda, tidak perlu capek dan repot mikirin produksi dan bikin produk.
 
Mudah DIPELAJARI, sudah banyak banget suhu dan mastah yang membahas teknis dropshipping ini. 

Bahkan beberapa supplier dan produsen ada yang bikin kelas khusus untuk dropshipper mereka. Asal mau belajar, pasti bisa.
 
PUTARAN cepat, nah ini penting banget untuk yang modalnya terbatas, asal risetnya produknya bener, modal 10rb/hari bisa untung 100-1000% atau profit 100rb. Berbeda dengan affiliate yang kadang harus nunggu beberapa hari dulu baru komisi cair, atau reseller yang harus stok produk dulu sebelum jualan. Intinya, cashflow cepat, bisnis hebat, gitu aja deh.
 
Ini adalah bisnis yang sangat disarankan untuk dijalani oleh anda yang masih muda, berstatus mahasiswa, atau pengangguran sementara sambil menunggu panggilan kerja. Bisa juga dilakukan oleh pekerja kantoran dan ibu-ibu rumah tangga.
 
Tips dari saya untuk yang tertarik di model dropshipping ini adalah, MULAI BIKIN BRANDING dari sekarang. Entah itu dengan site/blog, fanspage, atau akun IG. Lalu cobalah untuk SETIA PADA MARKET, bukan pada produk. Layani market anda sepenuh hati, karena mereka yang akan membuat bisnis anda bertahan sepanjang umur
 
2. BLOGGING/VLOGGING.
 
Ini oldschool banget, tapi kadang yang ‘oldschool never dies’. Pada dasarnya blogging (atau yang sekarang lagi ngetren: vlogging) adalah channel untuk menyampaikan konten kepada audience.
 
Kalau pada akhirnya ada yang mendapat uang dari aktifitas blogging/vlogging, itu biasanya adalah AKIBAT dari ketekunan mereka melayani market.
 
Makin kesini, makin kerasa kalau kualitas konten yang pada akhirnya memenangkan hati pemirsa. Karena attention span orang jaman sekarang makin pendek, sehingga audience harus memilih untuk membaca/menonton apa di waktu senggangnya.
 
Sejalan dengan pendapat om Ilham Taufiq (Owner NicheMarketMastery.net) yang menggembar-gemborkan content marketing, aktifitas blogging/vlogging sudah seharusnya menjadi bagian dari strategi bisnis.
 
Kalaupun anda ingin mencari uang melalui blogging/vlogging, saran saya: Don’t expect it to be easy.
 
Karena sekarang bukan tahun 2007 dimana anda bikin artikel, langsung nangkring di pejwan Google dan meraup dollar dari Adsense dengan mudah. Setidaknya, untuk orang awam seperti saya, kayaknya susah banget buat bertarung melawan SEO web authority yang sudah bertahun tahun merajai halaman pencarian Google.
 
Mereka yang sukses di dunia blog/vlog adalah yang menginvestasikan waktu 1-2 tahun untuk membuat konten yang bisa dinikmati audience-nya.
 
Mereka menulis ratusan artikel berkualitas, mereka mengupload puluhan video original. Saya tahu perjuangan mereka berat. Tapi saya yakin mereka senang karena kerja keras mereka dari 1-2 tahun lalu, tahun ini akan terbayar.
 
They own the self-published media, it’s now their time to rake the money!

3. FREELANCING.
 
Gaung bisnis freelance memang sudah lama terdengar, dan banyak yang berdebat apakah freelance itu adalah pekerjaan, atau bisnis. Tapi menurut saya, freelance itu adalah job yang berpotensi menjadi bisnis yang berkesinambungan karena mereka menjual JASA.
 
Makin kesini, makin banyak jasa yang bisa dijual melalui internet. Kalau dulu freelancers cuma bisa jual jasa design, SEO atau bikin web, sekarang mereka bisa jual jasa bikin toko online, landing pages, nulis artikel, product photography, food photography, aerial videography, mobile barbershop, jasa titip-beli, delivery online bahkan jasa jadi pacar dadakan.
 
Kuncinya adalah; kreativitas!
 
Kalau anda bingung mau buka jasa apa, coba aja main main ke fiverr.com dan habiskan waktu 5 jam untuk riset disana, saya yakin tiba-tiba anda bisa dapat ide segar yang bisa dibisniskan disini.
 
Untuk memulai bisnis freelance yang tak lekang oleh saingan, kembali lagi anda harus mulai memikirkan Strategi Branding. Dan setidaknya, milikilah satu web portofolio sebagai ‘kartu nama digital’ anda, jangan pelit-pelit amat, bro!

Yang keempat... Nah, buat yang keempat dan kelima, saya yakin kamu belum pernah dengar, atau pernah dengar tapi tidak mendalam. Saya sengaja menyimpan 2 model bisnis yang menurut saya paling keren ini di akhir, karena jagoan selalu muncul belakangan, iya kan?

Dan karena email ini sudah kepanjangan, silahkan tuntaskan rasa penasaran anda di blog http://pesantrenim.com/peluang-bisnis-paling-kekinian-untuk-anak-muda-2017/09201701/

Semangat!

Om Andro
#PengangguranTerselubung

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment