Wajah Baru Mata Uang Indonesia

Q Beritakan - Peluncuran mata uang Rupiah yang baru pada tanggal 19 desember 2016 Oleh Bank Indonesia. tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam rupiah seri terbaru. Tidak hanya desain yang berubah, tapi juga wajah pahlawan yang tertera pun berbeda dari seri yang lama.

Pada desain uang rupiah terbaru, muka para pahlawan lebih dominan dari versi sebelumnya. Gambar latarnya tidak terlalu banyak detail. Selain itu, warna putih juga tidak terlihat lagi pada latar. Desain yang baru juga bermain dengan gradasi dan tulisannya pun tampak lebih jelas daripada versi lama.

Seluruh gambar pahlawan di uang seri lama berganti dengan wajah baru, kecuali pecahan Rp100 ribu yang tetap menampilkan dua sosok proklamator, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta. Nah, di pecahan Rp50 ribu terbaru akan muncul gambar Ir. H. Djuanda.

Lalu, pada Rp20 ribu wajah Dr. GSSJ Ratulangi yang tampak. Pada Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 berturut-turut ada muka Frans Kaisiepo, Dr. KH Idham Chalid, MH Thamrin, dan Tjut Meutia.
Di pecahan uang logam Rp1.000, Rp500, dan Rp200 terdapat gambar I Gusti Ketut Pudja, Letjen TNI (Purn) TB Simatupang, dan Prof. Dr. Ir. Herman Johanes. Pecahan logam Rp100 dan Rp50 tidak dikeluarkan lagi oleh Bank Indonesia.

Seluruh pemilihan gambar pahlawan berdasarkan prioritas provinsi yang belum terakomodasi dan nilai patriotisme serta ketokohan.

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan uang seri lama yang masih di tangan. Selama BI belum melakukan penarikan peredaran, maka uang tersebut masih berlaku.


Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment