Penyebab Kebakaran Hutan

Q Beritakan-Musim kemarau yang terjadi didaerah riau mengakibatkan kekeringan sawah yang sempat Q Beritakan Jepret pada tanggal 8 oktober 2016, dan kebakaran hutan yang juga berhasil saya jepret dari atas mobil yang kebetulan terjadi tepat ditepi jalan antara jalan simpang rantau berangin menuju Padang tepatnya di perbatasan antara riau dan sumbar. Kebakaran yang sering melanda dibeberapa tempat di Indonesia, seperti di provinsi Riau, jambi, sumatera selatan dan Kalimantan, kebakaran hutan ini sering terjadi karena  karena faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam biasa terjadi pada musim kemarau ketika cuaca sangat panas. Namun, sebab utama dari kebakaran hutan adalah pembukaan lahan yang meliputi:

  1. Pembakaran lahan yang tidak terkendali sehingga merembet ke lahan lain
    Pembukaan lahan tersebut dilaksanakan baik oleh masyarakat maupun perusahaan. Namun bila pembukaan lahan dilaksanakan dengan pembakaran dalam skala besar, kebakaran tersebut sulit terkendali.
    Pembukaan lahan dilaksanakan untuk usaha perkebunan, HTI, pertanian lahan kering, sonor dan mencari ikan. pembukaan lahan yang paling berbahaya adalah di daerah rawa/gambut.
  2. Penggunaan lahan yang menjadikan lahan rawan kebakaran, misalnya di lahan bekas HPH dan di daerah yang beralang-alang.
  3. Konflik antara pihak pemerintah, perusahaan dan masyarakat karena status lahan sengketa Perusahaan-perusahaan kelapa sawit kemudian menyewa tenaga kerja dari luar untuk bekerja dan membakar lahan masyarakat lokal yang lahannya ingin diambil alih oleh perusahaan, untuk mengusir masyarakat.
    Kebakaran mengurangi nilai lahan dengan cara membuat lahan menjadi terdegradasi, dan dengan demikian perusahaan akan lebih mudah dapat mengambil alih lahan dengan melakukan pembayaran ganti rugi yang murah bagi penduduk asli.
  4. Dalam beberapa kasus, penduduk lokal juga melakukan pembakaran untuk memprotes pengambil-alihan lahan mereka oleh perusahaan kelapa sawit.
  5. Tingkat pendapatan masyarakat yang relatif rendah, sehingga terpaksa memilih alternatif yang mudah, murah dan cepat untuk pembukaan lahan
  6. Kurangnya penegakan hukum terhadap perusahaan yang melanggar peraturan pembukaan lahan.
Mari bersama kita sama-sama menjaga alam kita dari hal-hal yang akan menyebabkan alam kita kehilangan keaneka ragaman yang ada di hutan-hutan yang benyak tergantung banyak mahluk hidup didalamnya.

bersama kita bisa selamatkan hutan, bersama kita bisa menjaga menjaga ekosistem bumi... 

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment