Musium Lampung

Q Beritakan - Banyak cara untuk belajar mengenal sejarah yang ada diindonesia, dari membaca buku-buku sejarah, mendengar cerita dari narasumber serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah, Kali ini Q beritakan akan mengajak sahabat semua untk mengenal sejarah Provinsi lampung dengan mengunjungi Musium Lampung


Museum Lampung adalah salah satu tempat kunjungan wisata sejarah yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan,penelitian dan rekreasi. Terletak dijalan Z.A Pagaralam 5 Kilometer disebelah utara pusat kota Tanjungkarang dan hanya 400 meter dari terminal bus Rajabasa.

Koleksi yang dapat dijumpai adalah benda-benda hasil karya seni, keramik dari negeri Siam dan China pada zaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno pada masa penjajahan Belanda dll. Koleksi-koleksi tersebut berjumlah 2.893 buah meliputi benda-benda Geologi, Belanda,Etnografi,Arkeologis, dan lainnya.Museum Ruwa Jurai dibuka setiap hari kecuali Senin dan Hari-hari Besar.

 
Museum Lampung, Dari catatan Museum Lampung, saat ini terdapat lebih dari 5.000 koleksi benda-benda cagar budaya Lampung. Koleksi itu berupa benda-benda keramik; naskah-naskah kuno dari daun lontar; benda-benda tekstil; alat-alat rumah tangga; senjata seperti keris, tombak, dan samurai; hingga benda-benda arkeologi.
Berikut Beberapa Koleksi yang dapat Q beritan Jepret diantaranya adalah: 

Prasasti Batu Bedil
Prasasti ini ditemukan di desa batu bedil hilir kabupaten tanggamus, Prasati ini terdiri dari 10 baris, diperkirakan pada abad ke 10 Masehi, berbahasa sansakerta serta terdapat mantra agama buda atau siwa dan goresan bunga padma.
Tempayan ( Paseu )
Tempayan ini digunakan untuk mandi Oleh gadis lampung sebelum prosesi akad nikah, tempayan ini terbuat dari keramik dan berasal dari Dinasti Ching dan bermotif gambar burung tumbuh-tumbuhan dan bunga, ditemukan dari daerah kedondong Pesawaran.
Senjata Pusaka lampung
Benda-benda pusaka yang terdapat dari berbagai daerah di provinsi lampung, diantaranya ada Tombak, Samurai, Keris Tameng juga Badik.
Pedang Pusaka Raden Inten
Pedang Punggawa Raden Inten ini pada permukaan nya terdapat tulisan arab yang berbunyi " Innama amruhu  idhza arrodallahu sayi'an aiyaqulla lahu kunfayakun " Pedang ini merupakan Bukti kegigihan Raden Inten dalam melawan Penjajahan Belanda yang sangat berkeinginan untuk menguasai lampung.


Baju Perang ( Baju zirah )
Baju zirah ini bertipe sepanyol yang digunakan para kesatria pada pertengahan abad ke 5 sampai abad ke 9, yang dirangkai cincin rantai dengan  lempengan besi dan kuningan. Baju zirah berasal dari Kalianda Lampung Selatan dan dikenakan oleh punggawa pengiring pengantin lampung saibatin yang dilengkapi dengan tombak dan tameng.


Senjata Pistol VOC
Selain senjata pistol Voc terdapat dengan jenis moncong yang berbeda Seperti ( mekar atau mirip pipa rokok dan terompet ). dengan barang kawat dan pembersih sisa mesiu.

Koleksi Filologika
Ini adalah naskan atau dokuman yang terbuat dari kulit kayu dan daun lontar tanduk dan kertas dulang. huruf yang digunakan pada naskan kuno adalah,Bali kuno, lampung Kuno dan Arab, sedangkan bahasa yang digunakan Lampung kuno, melayu dan arab. pada umumnya naskah kunon yang bertuliskan huruf lampung dan bahas lampung antaralain berisi tentang mantera pengobatan, penangkal kejahatan, ramalan perjodohan, pengasihan dan kekebalan tubuh serta sair-sair cinta.

Patung Buda
Patung ini menjelaskan masa klasik hindu buda dilampung yang berlangsung antara abad ke-7 masehi sampai abad ke-16 masehi. dilampung ditemukan 8 Prasati, diantaranya 3 candi ( hujung langit, Jepara dan Tathagatapura ), Arca, Relif Arca, dan benda Upacara. yang pada saat itu terdapat 2 kerajaan besar yaitu :
  • Kerajaan Kenali ( Kendali ) atau kerajaan Sekala Brak, pada Masa Abad ke-5 masehi sampai ke-10 Masehi.
  • Kerajaan Tulang Bawang pada abad Ke-7 M hingga Abad Ke-9/10 M.
Arca Megalitik Folonesia
Arca ini ditemukan pada tahun 1963 di situs Pugung Raharjo, Lampung Timur. pada bagian punggung  arca tersebut terselip sebuah kekris sebagai ciri arca yang menggabarkan salah satu perwujutan seorang tokoh panglima.  Arca terdapat pada lingkup tradisi megalitik. arca seperti ini diindonesia banyak juga ditemukan di jawa timur pada masa sebelum periode jaman Majapahit sekitar abad Ke-12/13 M.

Demikian lah sedikit yang tentang musium lampung dan koleksi yang berada disana, masih banyak sekali yang bisa kita temukan disana untuk lebih detailnya silahkan berkunjung langsung ke Musium ini. semoga artikel ini bermanfaat bbuat kita semua untuk bisa lebih  mencintai sejarah di negara kita tercinta Indonesia.
 

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment