Mengenang Pahlawan Kemerdekaan RI


Q Beritakan - Selamat menyambut hari Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 71, Semoga kedepan Indonesia menjadi Negara yang digdaya didunia aamiin... Indonesia adalah Negara yang kaya raya akan sumberdaya alam, sehingga mengundang keinginan dari bangsa lain untuk menjajah indonesia, untuk mengeruk kakayaan yang terkandung dialam Indonesia, 71 tahun sudah kita merdeka, Ingatkah kita bagaimana para pahlawan Bangsa ini merelakan nyawa, mereka demi merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah. 

Sudah seharusnya kita mengingat jasa para pahlawan kita, seperti yang diungkapkan Oleh Presiden Pertama kita, Soekarno yang mengatakan. Jasmerah jangan Lupakan Sejarah. karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan para pahlawanya. sebagai generasi penerus bangsa kita harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya 

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengenang sejarah, termasuk sejarah negara kita dalam memperebutkan kemerdekaan. Indonesia merdeka dan memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Nah kali ini Q Beritakan ingin  mengajak sahabat semua untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan membangkitkan semangat perjuangan Indonesia. dengan cara melihat atau menonto film - Film Perjuangan. supaya kita selalu ingat betapa besarnya jasa-jasa mereka dalam berjuang untuk memerdekakan indonesia kita tercinta ini, nah berikut beberapa judul film yang musti kalian tonton. 

Pahlawan Goa selarong

Pahlawan Goa selarong di produksi pada tahun yang sama denga mereka Kembali, yakni tahun 1972 karya sutradara Lilik Sudjio. Kisah berawal dari kecemasan Pangeran Di ponegoro karena tindakan patih danurejo yang mengakibatkan sengsara rakyat karena pajak di naikkan. Diponegoro akhirnya keluar dari keraton untuk bergabung dengan pejuang Sentot Alibasya. Film ini menurut penulis cukup membingungkan dan membosankan.

RA Kartini

RA Kartini sebuah film perjuangan RA kartini untuk memuwujudkan cita-citanya, RA Kartini sebagai seorang pejuang wanita yang berani mendobrak adat dan budaya tentang wanita itu sendiri. Film ini cukup panjang. RA Kartini di bintangi oleh artis Jenny Rachman .

Bandung Lautan Api

Film tahun 1974. Bandung Lautan Api merupakan salah satu film Perjuangan yang dimiliki oleh insan perfilman Indonesia. Film ini di bintangi oleh Dicky Zulkarnaen dan Christine Hakim. Kisah berlatar belakang peristiwa 24 Maret 1946 di Bandung yang membuat kota ini seperti lautan Api. Adegan peperangan antara Indonesia – Belanda, juga di bumbui dengan konfilk Nani (Christine Hakim) gadis palang Merah yang menaruh hati pada temannya, namun Nani sendiri di taksir oleh komandan Kompi Hidayat (Dicky Zulkarnaen). Sebuah film perang dengan dibumbui cinta dua anak manusia.

Janur Kuning. 

Film produksi tahun 1979 in layak untuk ditonton. Dulu film ini sering di putar di TVRI. Janur Kuning, merupakan film yang menceritakan tentang Kisah peperangan di Yogya yang juga di kenal dengan nama Serangan Umum 1 Maret, dimana terlibat banyak tokoh seperti Soeharto, Jenderal Sudirman dan tokoh-tokoh heroik lainnya seperti Komarudin yang di perankan oleh Amak Baldjun.. Film ini mengetengahkan perjuangan fisik di sekitar penyerbuan lapangan udara Maguwo oleh Belanda, dan perebutan kota Yogya yang di pimpin oleh Letkol Soeharto. Soeharto menjadi tokoh sentral di film ini meski tidak secara utuh.

Surabaya 45

Surabaya 45 merupakan film perlawanan heroik pejuang-pejuang Surabaya ketika Belanda mengibarkan bendera Mereka di hotel Yamato namun pemuda-pemuda Surabaya dapat merobek dan menurunkan bendera Belanda dan digantikan dengan Bendera Merah Putih

November 1828

November 1828 merupakan salah satu film karya sutradara besar Teguh Karya. Film produksi 1978 ini berlatar kisah peperangan Diponegoro. Ditengah suasana perang Diponegoro Kapiten De Borst (Slamet Rahardjo), seorang indo sangat ingi membuktikan diri sebagai Belanda yang murni. Untuk membuktikannya ia harus berhasil menangkap Sentot Prawirodirdjo otak peperangan Diponegoro. Segala cara ia lakukan termasuk menyandera anak dan istrinya.

Demikan lah Film - film perjuangan yang wajib kita tonton dan masih banyak lagi Film Nasioanal untuk mengenang Para pahlawan kita yang telah merebut dengan tenaga darah dan nyawa sehingga kita merdeka sampai saat ini. ahir kata semoga jasa-jasa mereka selalu dikenang sepanjang masa, dan mereka selalu medapatkan tempat yang mulia disiNya aamin. salam Dirgahayau Republik Indonesia.





Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

3 komentar:

  1. Kalo waktu menjelang hari kemerdekaan gini jd ingat para pahlawan indonesia yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan indonesia yah mas.

    ReplyDelete
  2. Kita merdeka sudah ama ya mang, 71 tahun, tapi ternyata secara global, rakyat Indonesia masih banyak yang hidupnya masih terjajah, belum merdeka sepenuhnya....

    ReplyDelete
  3. wah seru banget nih kayaknya, bisa didownload dan dicoba nih kang. he he he sekalipun bru denger juga saya namanya. tapi gak papa, bener kata Kang Maman he he setuju atuh saya sama kang maman.

    ReplyDelete