5 Alasan Menjadikan Pulau Bangka Sebagai Pilihan Destinasi Wisata Yang Tepat!

Pulau Bangka yang terletak bersebelahan dengan Provinsi Sumatera Selatan ini memang menyimpan banyak keindahan alam yang tidak bisa dipungkiri lagi. Meskipun sering dipandang jauh dari kesan metropolitan, setidaknya sudah banyak orang yang memiliki anggapan bahwa Pulau Bangka memiliki keindahan pantai yang cukup bersaing. Namun, selain pantai eksotis dengan hiasan bebatuan serta pasirnya yang putih, Pulau Bangka juga menyajikan beberapa objek wisata yang dapat dinikmati. Berikut ini 5 alasan yang wajib kalian telaah untuk menjadikan Pulau Bangka sebagai destinasi wisata selanjutnyaJ

1.             Surganya “Beach Lover”

Jajaran pantai indah membuat Pulau Bangka menjadi surga bagi para pecinta pantai. Pada umumnya, pantai di Pulau Bangka sangat banyak dan belum dikelola sehingga masih sangat alami. Untuk dapat menikmatinya juga kalian tidak harus merogoh kocek terlalu dalam. Namun, akses menuju pantai-pantai indah nan mempesona ini tidak mudah karena membutuhkan kendaraan pribadi. Beberapa pantai yang umum menjadi destinasi wisata oleh wisatawan domestic saat berlibur di Pulau Bangka adalah Pantai Tanjung Pesona, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, Pantai Pasir Padi, Pantai Tikus, Pantai Rambak, Pantai Batu Bedinding, Pantai Penyusuk, Pantai Kerasak, Pantai Tanjung Kalian. Tidak hanya keindahan permukaannya saja, pantai-pantai tersebut juga menjajakan keindahan bawah lautnya. Beberapa pantai tersebut menyediakan jasa snorkling dengan harga terjangkau. Dengan merogoh kocek sebesar Rp. 100.000-, kalian sudah dapat menikmati indahnya pemandangan alam bawah laut. Murah bukan?

2.             Adanya Wisata Sejarah

Selain banyaknya gugusan pantai yang indah, Pulau Bangka juga memiliki destinasi wisata sejarah yang dapat dinikmati. Pulau Bangka menjadi tempat pengasingan Bung Karno pada zaman penjajahan Belanda. Rumah pengasingan Bung Karno ini terletak di Puncak Gunung Menumbing, Kota Muntok. Saat ini, rumah pengasingan Bung Karno dijadikan destinasi wisata yang menarik oleh pemerintah setempat. Disana dapat terlihat koleksi yang bernilai sejarah tinggi peninggalan Bung Karno. Selain pesanggrahan Bung Karno, wisata sejarah yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah berupa museum. Sebagai pulau penghasil timah, di Pulau Bangka terdapat museum yang menyimpan cerita sejarah pertimahan. Museum ini adalah Museum Timah Pangkalpinang serta Museum Timah Muntok.


  
3.             Wisata Religi

Pulau Bangka masih diselimuti oleh adat istiadat yang kental, nilai religi yang dianut juga bergam dengan sikap toleransi beragama yang baik. Beberapa tempat beribadah dibangun dengan indah sehingga dijadikan destinasi wisata oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Beberapa destinasi wisata religi yang dapat dikunjung adalah Puri Tri Agung, Kuil Fathin San, Masjid Agung Toboali, dan Masjid Kayu Tuatunu. Puri Tri Agung yang terletak di Sungailiat dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama ± 35 menit dari Kota Pangkalpinang. Puri Tri Agung ini merupakan tempat beribadah umat yang beragama Budha, Kongfutze, dan Laotze. Lokasinya yang berada dipinggir pantai serta arsitekturnya yang indah menjadikan Puri Tri Agung sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila berada di Kota Sungailiat.

Kuil Fathin San terletak di Bukit Betung, Desa Lubuk, Sungailiat. Kuil yang merupakan tempat beribadah umat Budha dan Tionghoa ini dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Pangkalpinang. Letakknya yang berada diatas bukit menjadikan Kuil Fathin San sebagai destinasi wisata oleh wisatawan.

Dibagian selatan Pulau Bangka terdapat masjid yang menyerupai Taj Mahal mini, yaitu Masjid Agung Toboali. Tempat beribadah kaum muslim ini memiliki kubah indah dengan balutan warna putih yang menawan sehingga menarik minat wisatawan untuk dapat mengabadikan momen disana.


4.             Wisata Kuliner

Bermacam jenis wisata yang ada di Pulau Bangka juga dilengkapi dengan keanekaragaman kuliner yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Terkenalnya makanan seperti otak-otak dan pempek membuat kalian yang berkunjung akan tidak afdol jika tidak mencoba kuliner ini. Selain itu, ada beberapa makanan yang wajib kalian coba ketika berlibur di Pulau Bangka, yaitu Mie Koba, Lakso, Lempah Kuning Nanas, Lempah Darat, dan aneka masakan seafood.


5.             Wisata Bekas Penambangan

Tidak hanya Pulau Belitung yang memiliki danau biru nan mempesona, di Pulau Bangka juga ada. Danau Kaolin Pulau Bangka yang terletak di Desa Air Bara, Bangka Selatan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Kota Pangkalpinang menggunakan kendaraan roda empat. Danau yang terbentuk sebagai bekas lokasi penambangan timah ini menjadi destinasi wisata karena daya tarik airnya yang berwarna biru menawan. Meskipun setelah dilakukan penelitian air danau ini sudah tidak termasuk air asam tambang, tetap saja banyak masyarakat lokal yang menikmati keindahan danau biru ini dengan cara berenang, padahal kandungan air danau kaolin ini masih terdapat sisa-sisa radioaktif.



Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Prasetyo Budi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment