Pemanfaatan Limbah Kayu Untuk Pengganti Batu-Bata


Q Beritakan. Perkembangan pengolahan kayu berjalan sangat pesat, terlebih karena Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa terhadap aneka jenis kayu. Mengenal material kayu dengan tujuan digunakan dan dimanfaatkan, merupakan hal yang penting, baik bagi pengusaha yang bergerak dalam bidang industri kayu, maupun pemakai kayu lainnya  agar dalam pemanfaatannya kayu dapat digunakan secara benar dan maksimal sehingga tidak terjadi pemborosan penggunaan kayu dan pada akhirnya dapat mengurangi dampak buruknya baik pada alam maupun bagi manusia yang menggunakannya. (Dumanauw,1990 : 7)

Dalam pemanfaatannya, kayu banyak digunakan sebagai material utama pembuatan furnitur serta sebagai bagian dari pondasi bangunan. sebagai bahan pembuatan kerangka rumah, tapi kali ini Saya mengajak sahbat semua untuk mengintip pemanfaatan limbah kayu gelondong dan kayu pecah sebagai bahan pengganti batu bata dalam pembangunan rumah, 

Pemanfaatan limabah kayu alias kayu kering yang biasanya hanya menjadi kayu bakar yang hanya akan menjadi gas karbon yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global. seperti gambar berikut yang saya ambil dari halaman CORDWOOD BUILDING.


Apakah Anda pernah mendengar tentang kayu bakar batu , konstruksi kayu bakar , stackwall , log - end , kayu bakar atau stackwood ?

Ini adalah teknik bangunan dinding yang biasa digunakan untuk membangun rumah , lumbung , saunag hampir semua struktur yang menggunakan dinding di atas. Dibuat dengan meletakkan seluruh atau perpecahan kayu ,
Berbagai jenis kayu bakar dapat digunakan dan biasanya pembangun menggunakan spesies yang umum ditemukan di daerah kita . Teknik ini sangat ekonomis untuk log ujung atau pohon tumbang di daerah sekitar kita.

Serta bisa memanfaatkan sisa-sisa bangunan lama yang sudah dibongkar dengan memanfaatka kayu yang masih bisa digunakan.

Sementara padat karya , metode konstruksi sederhana, murah dan ramah lingkungan serta bernilai seni yang tinggi.



Nah bagaimana berminat untuk memanfaatkan limbah kayu tersebut.. untuk teknisnya tunggu ya postingan yang akan datang.. salam sukses selalu dari Q Beritakan.

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

4 komentar:

  1. wah unikkknyaa.. kerenn bgt hasilnya mas.
    mau dong rumah saya dibuat gtu juga :D :D

    ReplyDelete
  2. Bagus yah kang jadi totol totol seperti itu padahal hanya sekedar dari limbah kayu tapi dengan tangan kreatif selalu saja jadi hal yang unik.. tapi kang apakah tahan lama melebihi daripada menggunakan batu bata ?

    ReplyDelete
  3. awalnya mau bikin rumah seperti diatas batu batanya di ganti dengan limbah kayu, sayang seribu kali sayang limbah kayunya cuman ada dua kibik....nggak jadi deh

    ReplyDelete