Mencegah dan Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah


Q Beritakan - Penyebab utama kaki dan sepatu yang berbau tidak sedap adalah karena bakteria yang terdapat pada lapisan kulit luar. Beraktivitas dengan sepatu sepanjang hari berpotensi untuk meningkatkan kelenjar keringat yang merupakan komponen pemicu bakteria sehingga menimbulkan bau tak sedap tersebut di bagian kaki.
Namun, kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah lumrah. Selain itu, di artikel ini kamu juga akan mendapatkan tips-tips gampang yang bisa mencegah sekaligus mengajarkan kamu menghilangkan bau yang sudah menempel pada sepatu.

Mencegah Timbulnya Bau Sepatu Pada Sepatu Kesayangan

1. Rajinlah Mencuci dan Membersihkan Kaki

menghilangkan-bau-sepatu-1
Bakteria pada kaki berkembang setiap saat. Jadi untuk mengatasi sampai timbulnya bau tak sedap yang akan menempel pada sepatu, rajinlah mencuci kaki. Pada saat mandi, berikan perhatian ekstra pada bagian kaki dengan cara menggosoknya dengan seksama. Jangan lupa untuk membersihkan setiap sela-sela jari kaki dan tapak kaki. Bilas dengan bersih, dan yang terpenting, keringkan dengan sempurna hingga ke ujung setiap jari. Kalau perlu, kamu juga boleh mengeringkan sebentar dengan pengering rambut supaya kaki benar-benar kering sempurna.
Selain mencuci kaki saat mandi, tidak ada salahnya jika kamu juga membersihkan kaki saat pulang ke rumah atau ketika diperlukan.

2. Hindari Pemakaian Sepatu Yang Sama Berturut- turut

Buat kamu yang punya sepatu favorit, kamu tentu akan sering memakai sepatu tersebut. Tapi demi mencegah sepatu kesayangan menjadi bau, usahakan untuk tidak menggunakannya setiap hari berturut-turut. Sepatu tersebut belum perlu yang cukup untuk kering secara sempurna, sehingga bau akan sulit untuk lepas. Oleh karena itu, rotasikan penggunaan sepatu kepunyaanmu setiap harinya supanya menghindari pemakaian berturut- turut.

3. Gunakan Bedak atau Spray Kaki

Beberapa orang akan memiliki masalah kaki berkeringat yang lebih intens daripada orang kebanyakan. Jika kamu termasuk salah satunya, gunakan bedak atau spray kaki yang tersedia di pasaran. Tabur atau semprotkan pada bagian kaki sebelum mengenakan sepatu dan kamu akan dapatkan kaki yang lebih kering sepanjang hari.

4. Pastikan Kondisi Sepatu Sebelum Pakai

menghilangkan-bau-sepatu-4
Cara terakhir untuk mencegah bau tak sedap saat bersepatu adalah dengan cara mengecek kondisi sepatu kesayangan kamu. Pastikan sepatu berada dalam kondisi kering dan bersih setiap kali sebelum pemakaian. Selain itu, jika ada kotoran atau bekas noda yang menempel, bersihkan dengan segera supaya jangan sampai meninggalkan bekas yang akan berbau.

Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Sepatu

1. Cuci Sepatumu

Hal yang paling sering orang lakukan untuk mendapatkan sepatu yang bebas bau adalah dengan mencuci sepatu tersebut. Tentunya kamu harus paham cara mencuci sepatu yang benar supaya mendapatkan kondisi sepatu yang tetap prima. Pastikan kamu telah mencari tahu instruksi manual dengan membaca label sepatu dengan seksama dan melepaskan tali sepatu sebelum pencucian.
Untuk bahan sepatu yang tidak bisa dicuci dengan merendam di air, gunakan lap bersih dengan bantuan sabun cuci dengan aroma kesukaan kamu. Setelah membersihkan setiap bagian sepatu dengan hati-hati, jemur sepatu di bawah terik matahari hingga kering sempurna. Jika kamu memiliki mesin cuci, gunakan fungsi dry supaya sepatu menjadi kering dengan cepat dan mudah dijemur.

2. Gunakan Bahan-Bahan Rumah Tangga Yang Tersedia

Beberapa benda yang eksis di rumah kamu ternyata bisa dijadikan obat ampuh untuk menghilangkan bau pada sepatu, seperti :
Baking Soda
menghilangkan-bau-sepatu-5
Bahan dapur ini bisa menjadi deodoran yang berfungsi dengan baik jika ditaburkan pada sepatu. Lakukan pada setiap saat sebelum memakai sepatu dan ulangi lagi jika bau belum berangsur hilang hingga beberapa hari ke depannya.

Baca Juga :

Bubuk Kopi
Sama halnya dengan baking soda, bubuk kopi dapat digunakan sebagai penghilang bau sekaligus memberikan aroma yang segar untuk sepatu bermasalah. Jika kamu tidak ingin menaburkan bubuk kopi, letakkan saja sepatumu bersamaan dengan bubuk kopi di kotak yang berukuran sedang ataupun kantongan plastik kedap udara (resealable bag).
Cairan Alkohol
Alkohol yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan luka dapat juga menjadi cairanspray homemade yang ampuh menghilangkan bau. Campur alkohol dengan air dan masukkan ke dalam botol spray untuk penggunaan yang mudah. Cairan alkohol bisa membunuh bakteri seketika sehingga bau pun akan hilang. Pastikan kamu tidak menyemprot hingga terlalu basah karena kondisi yang lembab malah akan mengundang bau lagi pada sepatu.
Kulit jeruk nipis atau lemon
menghilangkan-bau-sepatu-3
Jeruk nipis dan lemon sering dijadikan bahan dasar pembersih rumah tangga karena mengandung essential oils pada setiap bagian kulitnya. Tinggalkan beberapa kulit jeruk nipis atau lemon semalaman pada sepatu yang akan dipakai keesokkan harinya supaya bau sepatu bukan saja hilang, tetapi juga beraroma segar sepanjang hari.

3. Dinginkan di Freezer

Bungkus sepatu di kantongan plastik secara rapi atau resealable bag dan masukkan ke dalamfreezer di kulkas rumah. Suhu yang dingin juga merupakan cara yang mudah untuk menghilangkan bakteria serta menghilangkan bau secara total.

4. Isi dengan Koran Bekas

Menyumpalkan koran bekas pada masing- masing sepatu adalah ide yang bagus untuk menyerap bau serta lembab. Selain itu, cara ini juga tergolong paling mudah karena tidak memerlukan bahan lain selain koran bekas yang tersedia di rumah kamu.

5. Gunakan Produk Khusus

Mencari solusi penghilang bau pada sepatu juga dapat ditemui ditoko-toko atau supermarket pada umumnya. Spray atau insoles dengan bahan arang atau kimia lainnya bisa menjadi alternatif mudah untuk kalian yang sudah mencoba beberapa trik homemade tersebut diatas.

Dengan informasi di atas, masalah bau tak sedap pada kaki dan sepatu tidak akan lagi menghantui penampilan keren kamu. Pastikan kamu mengikuti setiap tahap pencegahan dan penghilangan bau dengan rutin, karena kebiasaan bersih yang teratur akan mendatangkan hasil yang maksimal dan bertahan sepanjang saat. Selamat mencoba!

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. gak salah tuh mas msukkan sepatu kedalam freezer? oh NO... :D
    saya takutnya bakteri dan virus sepatu malah pindah ke kulkas lho..hehe

    ReplyDelete