Budaya

Gotongroyong Dalam Kehidupan Bermasyarakat


Q Beritakan. Gotong Royong sebagai bentuk integrasi, yang banyak dipengaruhi oleh rasa kebersamaan antar warga, dalam melakukan pekerjaan yang dilakukan secara sukarela tanpa adanya jaminan berupa upah atau pembayaran dalam bentuk lainnya.
Gotong royong Merupakan salah satu budaya bangsa yang menjadi Ciri khas bangsa Indonesia yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia. Ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari Sabang hingga Merauke, walaupun berbeda agama, suku dan warna kulit.

Gotong-royong dalam bentuk tolong menolong dilakukan secara sukarela untuk membantu orang lain, tetapi ada suatu kewajiban sosial yang memaksa secara moral bagi seseorang yang telah mendapat pertolongan tersebut untuk kembali menolong orang yang pernah menolongnya, sehingga saling tolong menolong ini menjadi meluas tanpa melihat orang yang pernah menolongnya atau tidak. Dengan demikian, bahwa tolong menolong ini merupakan suatu usaha untuk menanam budi baik terhadap orang lain tanpa adanya imbalan jasa atau kompensasi secara langsung atas pekerjaan itu yang bersifat kebendaan, begitupula yang ditolong akan merasa berhutang budi terhadap orang yang pernah menolongnya, sehingga terjadilah keseimbangan berupa bantuan tenaga yang diperoleh bila suatu saat akan melakukan pekerjaan yang sama.

Pentingnya Gotongroyong Dalam Kehidupan Bermasyarakat bahwa manusia membutuhkan sesamanya dalam mencapai kesejahteraan baik rohani maupun jasamani. usaha yg dilakukan secara gotong royong akan menjadikan suatu kegiatan menjadi ringan,mudah,dan lancar serta manusia baru berarti dalam kehidupannya apabila ia berada dalam kehidupan sesamanya. 

Gotong royong merupakan suatu bentuk kebaktian masyarakat yang berarti suatu kerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hidup dalam suatu lingkup masyarakat sosial memang harus memerlukan adanya kerja sama/gotong rotong. Contohnya gotong royong dalam membangun jembatan, gotong royong membersihkan lingkungan, gotong royong membuat parit/selokan dll. Suatu pekerjaan kalau dikerjakan secara gotong-royong akan lebih mudah dan dapat memakan waktu yang singkat pula.
 

Gotong-royong harus ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat agar dapat menjalin hubungan sosialisasi dengan baik, terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, dapat mempererat tali persaudaraan, dan dapat memperoleh ketentraman dan kenyamanan akibat hubungan sosial yang baik. Maka dari itu kita harus menanamkan prinsip gotong royong tersebut kepada lingkungan masyarakat, demi mewujudkan kepentingan bersama. 

About Admin bos

2 komentar:

  1. Dengan gotong pekerjaan yang tidak mudah menjadi mudah karena di lakukan bersama-sama :)

    ReplyDelete
  2. gotongroyong jaman sekolah dulu nyebutnya GORO. klo udah waktu goro dihari minggu aku selalu aja kena bagian di area tongsampah, padahal pengennya goro di taman. goro memang bisa memupuk persaudaraan dan beban pekerjaan mnjd ringan, tpi klo kejadiannya spt aku gtu. malah memupuk rasa kekesalan =))

    ReplyDelete

Powered by Blogger.