Kebun Teh Pagaralam, Surga Hijau Dibawah Langit Sumatera Selatan


Q Beritakan. Halo, guys. Don’t be busy everyday with your work’s asignment. Because, life is too short and you know that, bro! Daripada nyesel dihari tua, lebih baik mulai dari sekarang siapin deh planing kalian untuk nikmatin hidup yang singkat ini, hehe. Iya, salah satu cara nikmatin hidup adalah dengan “jalan-jalan”. Setuju nggak nih? Oke lets go ride!

Mendengar kata “Kebun Teh”, mungkin pikiran kalian langsung melayang ke Jawa Barat ya. Namun, kali ini kita akan review pengalaman holiday ke kebun teh yang ada di Pagaralam. Pagaralam merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yang terletak tepat dikaki Gunung Dempo. Perjalanan panjang ditempuh dari Kota Palembang menuju Kota Pagaralam dimana waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 7-8 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan roda empat. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, mini bus travel dapat digunakan untuk dapat mencapai Kota Pagaralam. Ongkosnya berkisar antara Rp.100.000,- hingga Rp.150.000,- per orang. Apabila berpergian dengan teman atau keluarga, akan lebih hemat jika menyewa kendaraan roda empat dimana harga sewa mobil untuk keluar kota dari Kota Palembang dibandrol dengan harga Rp.350.000,- per hari. Selain jalur darat, saat ini Kota Pagaralam telah memiliki Bandar Udara sendiri sehingga akses Palembang – Pagaralam lebih mudah dan singkat menggunakan jalur udara. Harga tiket pesawat dari Kota Palembang ke Pagaralam dapat berubah-ubah tergantung maskapai penerbangan.

Bagi kalian yang terlalu sibuk dengan kehidupan kota pasti akan merasakan different feelings sepanjang perjalanan menuju Kota Pagaralam. Kali ini, kami mengambil rute Palembang – Baturaja – Lahat – Pagaralam karena sembari menyambangi keluarga yang ada di Baturaja dan Lahat. Sebelum menuju Pagaralam, dari Baturaja menuju Lahat kami juga menyempatkan diri untuk melihat keindahan Air Terjun Bedegung serta menyaksikan pesona bukit barisan disepanjang perjalanan. Tunggu cerita khusunya di next review yaa, guys.



Setelah puas menikmati keindahan Air Terjun Bedegung, kami melanjutkan perjalanan menuju Kota Lahat untuk beristirahat. Keesokan harinya, tepat pukul 09.00 pagi setelah menyelesaikan sarapan kami berangkat menuju Kota Pagaralam. Dari Kota Lahat, Pagaralam dapat ditempuh selama hampir 2 jam perjalanan. Melewati jalan raya lintas sumatera yang dipenuhi dengan truck-truck ukuran super, kami disajikan pemandangan hijau sangat menarik hati. Tikungan-tikungan tajam yang menghubungkan dua bukit, hamparan hutan hijau dengan pepohonan khasnya, serta sesekali disambut oleh petani yang ramai menanam padi di sawah membuat perjalanan menuju Kota Pagaralam sungguh sangat tidak membosankan. Memasuki Kota Pagaralam, terlihat dikejauhan Gunung Dempo menjulang tinggi terselimuti sedikit awan. Lucky we are, hari itu langit cukup cerah berawan dengan warna indahnya. Tak sabar untuk menikmati keindahannya, kami langsung bergegas menuju kebun teh di Gunung Dempo.



Untuk mencapai kebun teh Gunung Dempo, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara. Jalan masuk ke kaki gunung ini cukup mudah, namun terkadang membingungkan karena terlalu banyak persimpangan jalan. Setelah bertanya kesana-kemari, akhirnya kami tiba di kaki gunung dan mulai menanjakinya menggunakan kendaraan. AC kendaraan kami sengaja matikan sejak memasuki Kota Pagaralam karena udara dinginnya yang sangat menggoda meskipun teriknya matahari siang itu tetap mengikuti. Sepanjang perjalanan menelurusi lika-liku Gunung Dempo, kami disuguhkan dengan hamparan hijau kebun teh hingga tiba diketinggian dimana terlihat jelas Kota Pagaralam dibawah kaki gunung. Sungguh luar biasa menakjubkan!


Rasanya sangat singkat waktu hari itu hingga tidak terasa petang menjelang. Awan hitam sudah bergumpal diatas Kota Pagaralam menandakan waktu kami telah tiba untuk kembali ke Kota Lahat. Bagi kalian yang ingin menikmati suasana sejuk kebun teh di Gunung Dempo lebih dari satu hari, terdapat banyak penginapan baik hotel maupun villa yang bisa kalian gunakan untuk menginap. Harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi sehingga tidak ada salahnya jika tinggal disini lebih lama.
Bagaimana? Get interest to have a trip in this town? Pastikan ga menyesal yaa melewatkan keindahan alam yang ada di Indonesia seperti di Kota Pagaralam ini. See ya! #pramonaa

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

6 komentar:

  1. Tempatnya cantik dan nampak begitu segar serta jauh dari kesibukan kota. Pasti menjadi tempat yang sesuai untuk jalan-jalan dan beristirehat.

    Salam Ramadhan & selamat berpuasa.

    ReplyDelete
  2. asyik bgt ih refreshing di sana

    ReplyDelete
  3. Iya di sini banyak kebun teh mas, di jawa barat, ternyata di pagalaram sumatera selatan juga ada,,, mantaaapppp :D

    ReplyDelete
  4. Mantab nih, tapi sayang jauh dari kota malang ya? andai saja di malang ada destinasi wisata seperti di sumatera selaatan ini...tapi semoga kapan-kapan bisa mampir hehe

    ReplyDelete
  5. masyaAllah asrinya banget-banget ya bang :))) manjain mataa

    ReplyDelete
  6. Viewnya ajib om :-O
    Dimana-mana kebun teh punya keistmewaanya masing-masing ya..

    ReplyDelete