TIPS BELANJA PAKAIAN ONLINE BAGI PEMULA

Q Beritakan. Halo, guys! Teknologi semakin hari semakin berkembang pesat dan hal yang sangat disayangkan adalah bila kita melewatkannya begitu saja. Iya nggak nih? Nah, berhubung populasi wanita saat ini bisa dibilang semakin mendominasi, kebutuhan akan hal-hal yang melengkapi diri wanita semakin tinggi pula. Oleh karena itu, teknologi juga mengembangkan sistem-sistem yang dapat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan. Para ladies juga udah ga asing lagi dengan “belanja online” kan? Tapi, beberapa tahun sebelumnya mungkin banyak orang yang kecewa jika membeli pakaian via online seperti ini ya. Nah, khusus untuk yang ingin membeli pakaian cantik nan menggemaskan namun hanya bisa kalian dapatkan via online, ikutin tips-tipsnya berikut ini yuk.

1.             Perhatikan Keterangan Bahan dengan Teliti
Umunya atau bisa dibilang kebanyakan dari wanita ketika berbelanja adalah melihat prices yang dipaparkan oleh seller. True gak nih? Selain bisa berhemat, berbelanja murah juga bisa membuat kalian membeli pakaian yang kalian inginkan lebih dari 1 atau 2pcs. Berbelanja jarak jauh seperti ini membuat kita tidak tau bagaimana bentuk fisik asli barang yang kita inginkan meskipun seller sudah memaparkan informasi detail mengenai barang. Nah, bagi yang sering kecewa dengan bahan pakaian ketika berbelanja online, perhatikan beberapa jenis bahan pakaian yang sering dijual seller berikut ini:
a.       Bahan Jenis Katun dan Katun Rayon
Bahan jenis katun umumnya bersifat tidak lentur, agak sedikit kasar dan mudah kusut. Untuk jenis Katun Rayon, teksturnya sedikit licin dan jatuh, Bahan terasa dingin (adem) dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di berbagai kondisi cuaca. Tetapi, katun rayon juga mudah kusut seperti bahan katun lainnya.
b.      Bahan Jenis Crepe
Bahan ini termasuk salah satu bahan kelas menengah keatas, nyaman digunakan, tidak panas, bertekstur timbul agak kasar, dan tidak mudah kusut. Jika membeli pakaian dengan bahan ini, dapat dipastikan tidak akan menyesal. Namun, harga pakaian dengan bahan ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lainnya.
c.       Bahan Jenis Twiscone, Wolfis, Sifon, Serena
Keempat jenis bahan ini hampir sama, bedanya untuk bahan sifon bersifat transparan dan tipis, sedangkan jenis twiscone, wolfis dan serena lebih tebal dan tidak transparan. Bahan twiscone dan wolfis dianggap lebih baik dipilih dibandingkan membeli pakaian berbahan katun atau spandek. Selain harganya relatif murah, pakaian dengan jenis bahan ini lebih nyaman digunakan dan terlihat elegan.
d.      Bahan Jenis Spandek, Kaos, Jersey
Bahan spandek merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam industri pakaian. Bahan jenis ini lebih lentur dan mudah melar serta agak tipis. Untuk bahan jenis jersey merupakan jenis bahan yang lebih tebal dari spandek. Sedangkan bahan kaos, tekstur sedikit keras yang membuatnya berbeda dengan bahan spandek dan jersey.


2.             Bandingkan Harga dari Beberapa Onlineshop
Maraknya pembeli online membuat banyak orang yang mengadu nasib mencari rezeki dengan menjadi reseller online. Resellerini merupakan para penjual online yang menjual barang dari supplier dengan menaikkan harga sebagai upah penjualan atau bisa dikatakan bahwa mereka adalah perantara. Oleh karena itu, jika kalian ingin membeli dengan harga yang murah, carilah seorang supplier dimana barang dikirim langsung oleh mereka sehingga harga barang belum di up. Kalian dapat menemukan banyak supplier di sosial media seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Berikut ini beberapa ID supplier pakaian murah di Instagram :
@flowshop (Based On Bandung)
@girlfashionstory (Based On Jakarta)
@hijabrooms (Based On Solo)
@gianisa_os (Based On Bandung)
@house_offemme (Based On Jogja)
3.             Melirik Onlineshop yang Sudah Terbukti Trusted
Kriminalitas di dunia online semakin hari semakin meningkat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya para buyer online bijak dalam memilih onlineshop. Pastikan bahwa onlineshop merupakan seller yang bertanggung jawab. Secara langsung kalian dapat memperhatikan toko online yang mereka bangun, apakah toko tersebut banyak pembeli, memiliki banyakfollowers, memiliki bukti testimonial pembeli, dan apakah tidak banyak yang komplain atas barang yang dikirimkan. Jika secara fisik onlineshop sudah dianggap aman, maka cobalah untuk menghubungi seller. Perhatikan dari lamanya waktu mereka membalas pesan, dan jangan lupa tanyakan sistem belanja online yang diterapkan. Be a smart buyer, guys!
4.             Hemat Ongkos Kirim
Berbelanja online artinya kalian harus menyiapkan biaya pengiriman barang atau shipping. Beberapa jasa pengiriman tersedia seperti JNE, Tiki, POS, Wahana dapat digunakan, namun tergantung seller menyediakan pengiriman via jasa apa. Untuk menghemat ongkos kirim, perkirakan jumlah barang dengan berat barang yang akan dibeli. Seperti pakaian, ongkos kirim akan dihitung berdasarkan berat pakaian. Jika dalam 1KG pakaian yang kalian beli muat hingga 4pcs, maka beli setidaknya 2pcs agar harga akhir pakaian yang kalian beli menjadi lebih murah dibandingkan kalian hanya membeli 1pcs saja.



5.             Minta Bukti Pengiriman
Setelah melakukan transaksi belanja online, maka jangan lupa untuk meminta bukti pengiriman atau resi sehingga kalian dapat memantau barang apakah benar sudah dikirm dan sudah sampai mana barang kalian. Resi dapat di check secara online di website resmi jasa pengiriman, misalnya www.JNE.co.id atau juga dapat memanfaatkan situs online seperti www.cekresi.com.

Nah, gimana nih guys? Masih tertarik belanja online lagi? Jangan lupa perhatikan trik-trik yang udah dikasih ya guys. Semoga bermanfaat! #pramonaa
Baca Juga : PRITHA JUALAN ONLINE

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

48 komentar:

  1. Aku termasuk jarang membandingkan harga. Tapi kalo nyari yang trusted itu udah pasti ya, biasanya liat-liat komennya atau followersnya dulu. Hehe. Makasi tipsnya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih juga sudah berkunjung

      Delete
    2. Trimakasih mbak udah membantu xi xi xi... Jaringan sefang eror mbak.!

      Delete
    3. sama-sama mas admin,hehe
      idih jadi malu ih

      Delete
  2. saya belum pernah belanja online pas banget dapat informasinya , akan saya coba cara yang tertera di atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xi xi xi mas Admin bos mana nih... Wk wk kok jadi mbsk mimin Debe Dilacious ek ek ek

      Delete
    2. Admin nya lagi ngambek mas... Jaringannya eror sejak sore kemarin...

      Delete
    3. ia mas prasetyo, saya assistennya
      wkwkwk

      Delete
    4. wah mantab Mas Admin, Banyak Kemajuan hek hek hek.. semoga admin sama mbak mimin akur akur aja ya wk wk wk

      Delete
    5. iya mas alhamdulilah dapat asisten baru wkwkwkwkkwk

      Delete
  3. Saya belum pernah kang belanja online, jadi pengen coba belanja online tapi beli apa ya bingung ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk uji coba kang... Pertama sendal jepitvaja kang.! Biar kalau ketipu juga gak banyak xi xi xi

      Delete
    2. Wajar kang kalau kang iman belum pernah belanja online belanja langsung saja pasti diantar, ahi hi hi.

      Delete
  4. Wah mau coba coba ah... Hehehe saya pernah sih beberapa kali belanja online. Jugs pernah ketipu 1 kali.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem kok bisa mas... masak komodo masih bisa dikadalin mas. wk wk wk piss

      Delete
  5. belanja online belum pernah sih, masih belum begitu yakin akan kualitas barang yang dipamerkan dengan yang dikirimkan, takutnya berbeda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh kang kalau gak paham sekali, habisnya antara poto dengan aslinya kadang tidak sama kang.

      Delete
  6. lima langkah yang patut di praktekkan oleh saya yang nubi dalam belanja online teh, cuman kalau yang dipesan tidak sesuai dengan yang di kirim, bisa dikembaliin lagi ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kesepakatan awal atuh kang. tapi kalau akang pesenya sama saya dan tidak cocok pasti boleh kang.. dan tanpa sarat. wk wk wk

      Delete
  7. jangan mau sama yang gak pake resi ya kang, wah terimakasih masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hix hix jadi malu deh sama mbak DEBE..

      Delete
  8. Iya mas betul kalau jadi pembeli online shop itu harus teliti dalam membeli barang diinternet karena sekarang makin banyak saja penipuan online shop jadi harus lebih ati hati lagi ya kayanya kalau berbelanja online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak. makin marak penipuan sekarang memang.! harus semakin lebih berhati-hati.

      Delete
  9. wuaaa....saya juga suka salah... belinya biar aman kaos allsize aja de hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh mas... aman gak bakalan salah orang semua diborong wk wk wk

      Delete
  10. Q beritakan Mohon maaf Buat para Sahabat semua, bahwa sanya admin belum bisa BW ke tempat sahabat semua. dikarenakan Jaringan sedang mengalami masalah. jadi internet Lelet kayak siput.. Mohon maaf ya.!

    ReplyDelete
  11. saya kasih tambahan kang, kalau bisa mencoba baju yang udah dibeli temannya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo kok dicoba kang sayang lo kang... Di jyal lagi aja wk wk ek wk

      Delete
  12. Aku suka belanja online, tapi kalau baju, mending liat barangnya langsung. Suka kecewa. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mbak kalau pakaian memang bagus nyari lagsung di tokonya. hehe saya juga lo mbak...

      Delete
  13. Duh si akang bos bisa aja nih berbagi tips belanja online, dan yang pasti membuat orang yang ngeblog jadi tidak ragu dong kalau membeli ditempat saya kang, ahi hi hi. Pokoknya artikel kali ini bikin muantappp deh kang. Bongkar kang !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bongkar kang.... lupa besok kalau jaringan sudah oke saya pasang Link nya akang nrul iman kang.!

      Delete
    2. What mau diapain kang ampun kang ampun.

      Delete
    3. mau saya kompres pakai spilit kang wkwkwkkwkwk

      Delete
    4. Jangan kang terlalu ringan bagaimana kalau dipijitin kang admin kang itu sangat berat sekali.

      Delete
  14. yang penting ada rekber kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya ini yang paling penting ya kang... malah lupa gak keposting.!

      Delete
  15. Biasanya tanpa kita meminta, sistem web mreka lgsg memberi mas lewat email. chek resi memang sngattt penting, setujuu mas :)
    good artikel nih mas buat pemula belanja olshop. kdng lupa chek resi bahaya klo brang terlantar, apalagi tersesat kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bener sekali, tapi ada beberaa yang enggak juga mbak. hehe termasuk kasus yang saya alami.belum lama ini...

      Delete
  16. yang penting gambar di foto sama barang nyata ga beda..itu point utama hihiii

    ada harga ada rupa
    tapi klo onlen shopnya majang foto ga sesuai ama kenyataan siap siap ditinggal pembeli ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang dikawatirkan mbak. kadang begitu sampai barang tidak sesuai dengan yang kta lihat. mungkin kerena efek kamera ya mbak.

      Delete
  17. aku sukanya beli kaos yang 20ribuan.... kalo beli online ada nggak ya :D :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kang mau berapa wkwkkwkwkwkwkkwk

      Delete
  18. Saya pernah belanja pakian secara online, malah kekecilan.. hehehe mungkin masalah ukuran tiap produk berbeda-beda ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang... mungkin salah pilih ukuran. masing masing ukuran kan ada dua kang.

      Delete
  19. Nice tips.. Mungkin kalau untuk yang jualan baju dan celana online ukuran centi nya juga dikasih tau biar pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah benar sekali itu mbak hehe mantap

      Delete