MEMBUAT PETA GEOLOGI MENGGUNAKAN SOFTWARE MAPINFO

Sumber Gambar 
Q Beritakan. Pada masa ini, kecanggihan teknologi telah meningkatkan kinerja hampir disemua bidang pekerjaan. Teknologi sudah sangat membantu dalam mempermudah  perkerjaan manusia. Dewasa ini, mulai bermunculan teknologi informasi yang dapat membantu dalam proses kegiatan pertambangan dengan cara pemetaan lahan.
Pemetaan inilah yang akan dibuat dengan aplikasi atau software yang dikenal dengan software Mapinfo. MapInfo merupakan salah satu perangkat lunak pemetaan (SIG) desktop yang dikembangkan dan kemudian dipasarkan untuk memenuhi (sebagian besar) kebutuhan-kebutuhan di lingkungan bisnis. Perangkat lunak SIG ini memungkinkan para penggunanya utnuk memvisualisasikan dan menganalisa data-data yang menjadi masukannya secara geografis lebih cepat dan menyediakan informasi yang diperlukan di dalam proses pengambilan keputusan.
Peta yang akan dibuat dalam aplikasi ini merupakan peta geologi yang menunjukan kenampakan dataran sesuai kenyataanya.

Peta merupakan gambaran dari suatu wilayah atau daerah yang tertuang dalam bidang datar dan memiliki skala tertentu. Peta biasanya dilengkapi dengan keterangam – keterangan atau yang biasa disebut legenda.
Sumber Gambar

Peta Geologi itu sendiri merupakan suatu lembar peta yang berisikan atau menggambarkan keadaan dan informasi geologi suatu daerah. Diantaranya informasi batuan, formasi batuan, litologi, lokasi fosil, informasi pertambangan, dan yang paling penting adalah informasi daerah-daerah Struktur Geologi. Peta Geologi biasanya banyak digunakan untuk mencari suatu endapan mineral seperti emas, mangan, timah, tembaga, dan lain-lain. Dengan informasi yang ada di Peta Geologi kita bisa mencari mineral-mineral tersebut. Dan untuk mengetahuinya maka kita juga memerlukan dasar yang cukup, menguasai bidang ilmu-ilmu geologi lainnya seperti petrologi, geomorfologi, stratigrafi, sedimentologi, dan masih banyak yang lainnya.

MapInfo
MapInfo adalah salah satu software pengolah Sistem Informasi Geografi (SIG). MapInfo diminati oleh pemakai SIG karena mempunyai karakteristik yang menarik, seperti mudah digunakan, harga relatif murah, tampilan interaktif, user frendly dan dapat dicustomized menggunakan bahasa skrip yang dimiliki. Pembentukan peta di MapInfo dapat diilustrasikan secara analog.
Dalam MapInfo suatu “table” dapat digambarkan sebagai satu lembar (sheet) dari suatu film dan suatu komposisi peta di MapInfo merupakan gabungan dari beberapa lembar (sheet) film tersebut yang disusun secara bertumpuk. Istilah yang umum digunakan untuk susunan tersebut adalah “layering”.
Setiap lembar (sheet) merupakan layer yang dapat digabungkan dan di-matchkan untuk membentuk suatu peta, sehingga dapat dilakukan analisis dari peta yang terbentuk tersebut. Satu hal yang perlu diingat adalah ketika MapInfo melakukan “redraw” peta, MapInfo akan melakukan redraw dari layer yang tersusun paling bawah kemudian ke layer di atasnya, dan sebaliknya jika ingin diketahui informasi dari suatu peta.

MapInfo merupakan produk dari perusahaan software MapInfo Corporation. MapInfo adalah software pengolah data spasial yang banyak digunakan dalam analisis Sistem Informasi Geografis. Software ini memiliki kemampuan seperti software-software pengolah spasial lainnya seperti Arc Info atau Arc View. Map Info merupakan software pengolah data spasial yang terpadu dengan data tabel. Melalui software. MapInfo operator dapat membuat, menampilkan, serta mengadakan perubahan terhadap data spasial atau peta. 


MapInfo memiliki kemampuan yang fleksibel dalam penampilan dan perubahan data. Kemampuan tersebut mencakup:
• Pembukaan banyak tabel dalam waktu yang bersamaan
• Pengendali properti layer secara individual
• Mampu membuat dan memodifikasi peta-peta tematik yang ada
• Pencarian informasi terkait dengan data spasial
• Sistem kendali proyeksi peta dan lain-lain.


Dalam perkembangannya saat ini berbagai data dari MapInfo banyak digunakan dalam pembangunan SIG yang berbasiskan pada web atau SIG berjaringan. Memiliki daya dukung yang tinggi terhadap pembentukan sistem informasi spasial berbasis internet. Di Indonesia MapInfo menjadi salah satu software standar pengelolaan data spasial, seperti di Kantor Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan beberapa perusahaan swasta yang besar.MapInfo sangat membantu untuk analisis spasial, didukung dengan kemampuan pembentukan grafik yang akurat.
Secara nyata, Mapinfo bekerja mengelola tabel yang berisi data tekstual dan data spasial yang saling terkait satu dengan lainnya, contohnya adalah table World. Jika tabel World ditampilkan oleh MapInfo pada layar monitor, maka dapat terlihat sekaligus tampilan grafik spasialnya dan juga tampilan tabular data tekstualnya. MapInfo juga dilengkapi dengan fasilitas untuk pencetakan peta dan dapat pula mengimpor serta mengekpor peta digital untuk keperluan pemindahan data dari dan ke sistem komputer lainnya, misalnya ArcInfo.
Peta Geologi

Peta Geologi merupakan suatu lembar peta yang berisikan atau menggambarkan keadaan dan informasi geologi suatu daerah. Diantaranya informasi batuan, formasi batuan, litologi, lokasi fosil, informasi pertambangan, dan yang paling penting adalah informasi daerah-daerah Struktur Geologi. Peta Geologi biasanya banyak digunakan untuk mencari suatu endapan mineral seperti emas, mangan, timah, tembaga, dan lain-lain. Dengan informasi yang ada di Peta Geologi kita bisa mencari mineral mineral tersebut. Dan untuk mengetahuinya maka kita juga memerlukan dasar yang cukup, menguasai bidang ilmu-ilmu geologi lainnya seperti petrologi, geomorfologi, stratigrafi, sedimentologi, dan masih banyak yang lainnya.


Peta geologi menggunakan warna untuk mewakili berbagai jenis fitur geologi atau unit (jenis tertentu batuan dengan rentang usia dikenal). Unit geologi ditunjukkan dengan warna yang dapat berkisar dari kuning dan merah untuk ungu dan cokelat. Tidak hanya unit geologi ditugaskan warna tetapi juga satu set huruf. Set biasanya terdiri dari surat modal awal diikuti oleh satu atau dua huruf lowercased. Huruf kapital merupakan usia unit geologi. Semakin rendah-cased huruf menunjukkan nama unit geologi atau jenis batuan yang terdiri.

Kontak dan kesalahan garis.
Ketika dua unit geologi yang terletak di sebelah satu sama lain, tempat di mana mereka bertemu disebut kontak. Dua jenis utama dari kontak adalah kontak pengendapan dan kesalahan. Kontak pengendapan dibuat ketika unit geologi terdiri bawah, atas, atau di samping satu sama lain. Tempat di mana mereka bertemu disebut kontak pengendapan dan ditunjukkan dengan garis tipis.

Unit geologi dapat dipindahkan dari waktu ke waktu oleh kesalahan. Kesalahan yang retak atau patah tulang di kerak bumi (bagian terluar dari permukaan bumi) yang disebabkan oleh pergerakan massa tanah; yang disebut piring, di kedua sisi garis patahan. Ketika lempeng bergerak tiba-tiba, hasilnya adalah gempa bumi. Sebuah garis patahan (garis tebal dengan unit geologi yang sama di kedua sisi garis) menunjukkan unit geologi yang telah dipindahkan oleh kesalahan setelah mereka telah terbentuk. Jalur patahan sangat penting untuk peta geologi negara seperti California, di mana kesalahan yang dikenal aktif.

Langkah dalam pembuatan  peta geologi dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Buka program Mapinfo dengan klik kanan – open atau double klik pada mouse, kemudian klik option open a table dan open.
  2. Cari data gambar peta untuk dipilih. Klik data dan ubah file of type menjadi Raster Image, kemudian klik open.
  3. Setelah peta ditampilkan pada ruang Mapinfo, maka selanjutnya adalah memberi titik koordinat pada peta yang akan buat. Perbesar gambar dan klik sekali pada pixel yang paling pusat kemudian klik add dan isi koordinat X, Y susai data Bujur dan Lintang. Jika bujur dinyatakan dalam 110.30 maka pada pengisian koordinat 30 dibagi dengan 60 yang merupakan satuan waktu dari detik per menit. Lakukan pada ketiga titik lainnya yang telah ditentukan  dengan cara yang sama.
  4. Setelah semua titik koordinat ditentukan, selanjutnya klik projection dan ubah category member.
  5. Setelah itu akan mucul change view seperti gambar di bawah ini. Ubah zoom menjadi 52 dan klik OK.
  6. Lalu klik map pada menu   toolbars dan pilih Layer Control untuk menampilkan Layer Control pada bagian kiri lembar kerja.
  7. Kemudian buat layer seperti kotak batas tadi dengan nama yang lain sesuai dengan warna garis yang akan dibuat misalnya Garis Hitam di dalam layer ini agar gambar bisa diberi warna. Kita membuat garisnya menggunakan Polygon.
  8. Setelah semua gambar telah diberi warna dan garis, kemudian kita akan membuat keterangan – keterangan atau legenda pada peta. Pembuatan legenda dapat dengan menambahkan simbol – simbol dan skala peta. Untuk pemberian simbol, klik Symbol Style pada tools, kemudian pilih simbol yang diinginkan dan klik OK.
  9. Setelah pemberian simbol, lalu kita akan menambahkan skala atau scale bar pada peta dengan cara kllik Map –  Create Scale Bar – pilih Position ( Select a default position ) – dan pilih finish. Maka akan muncul scale bar sesuai data.

MapInfo tidak begitu sulit dalam penggunaannya. Namun, memerlukan ketelitian dalam prosesnya. Selamat mencoba.
Q Beritakan_TaraTambang'15


   

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

35 komentar:

  1. bagus ini sob aplikasinya..
    layak dicoba, btw kira2 beban terhadap pc gmana ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang gak berat kok buat PC lebih berat adibe photishop

      Delete
  2. Hai. Saya pendatang baru di halaman Blog mu ini. Perkenalkan saya Asep Haryono. Biasa disapa “Kang Asep” sih. Tapi saya dipanggil apa saja boleh. Hihiehiehie.

    Saya baru baca beberapa saja dari artikel di sini, Insya Allah akan dating hadir lagi di masa yang akan dating. Salam persahabatan selalu. Salam dari Asep Haryono. Blogger Pontianak. Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  3. Salan kenal kang Asep trimakasih dan sangat berunrung dan terjesab dengan kunjungan akang fi Q beritakan ini kang, salam persahabatan kembali kang.! Blogger dari lampung.! Dan sukses selalu.!

    ReplyDelete
  4. dengan mapinfo sangat membantu ya mas, hasil lebih maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang memang maksimal hasil nya... Oh ya kang... Habis lebaran saya tunggu di jambi gunung jerinci kang.!

      Delete
  5. Semoga bermanfaat.Untuk banyak pihak yang berhubungan dengan Geologi. Hehe saya mah lumayan agak bingung dengan aplikasi-aplikasi hehe. Dan baru tau ada Map Info ini. Thanks Admin BOs

    ReplyDelete
  6. Lebih cepat ya mas kalau dilihat dari hasilnya dan bagus juga, tapi betul mas harus lebih juga karena takutnya salah gituh dan kalau sudah salah biasanya sangat kesal sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu dah salah bukan sangat kesal mbak... Tapi kesal sangek xi xi xi

      Delete
  7. Yang ada warnanya menarik
    Kurasa cantik

    ReplyDelete
  8. Software Mapinfo bakalan cocok untuk anak geologi ya mas... Bisa membantu batuan di daerah ini kira-kira berapa... hehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang... Lebih detail bshkan.!

      Delete
  9. Apa bedanya MapInfo dengan google map kang...?
    Lebih mudah mana cara penggunaannya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya hampir sama kang. Cuman yang atu ini lebih detail dibanding maps kang.!

      Delete
  10. waw...mendetail sangat penjelasan tentang membuat peta geologi pake mapinfonya, sangat dibutuhkan terutama bagi mahasiswa jurusan Geologi nih, katanya mata kuliah wajib di kuasai oleh mereka, kalau nggak bisa di suruh pada melemparkan dirinya sendiri ka laut...katanya itu juga...bukan kata saya loch ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang sangat benar sekali dan setuju kang klu gak bisa suruh cemplungin kelaut aja... Xi xi xi

      Delete
  11. Saya rasa cukup membantu dalam membuat peta tapi buat orang awam mungkin cukup sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kang... Untuk orang awam ya mumet atuh kang xixixi

      Delete
  12. Okeh juga nih kang kebetulan saya bukan tukang buat peta tapi mungkin ini bisa berguna buat saya yang insaallah mau mulai membuat peta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh juga kang mantab semoga petanya bagus ya ha ha ha

      Delete
  13. meski gak dibuat apa2 , tapi pengen nyoba mas. btw, link download aplikasinya mana mas ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang buat koleksi kang. He he ghasi link nya nyusul ya kang.!

      Delete
  14. Memang teknologi pada jaman sekarang sangat pesat sekali ya mas sehingga dapat mempermudah orang untuk mempergunakannya secara positif dan bijak. namun teknologi juga dapat mmenimbulkan dampak negatif apabila di salahgunakan oleh oknum-oknum tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas bro, seharysnya kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi nas bro... Saya setuju.!

      Delete
  15. harus ketelitian yg cermat dan fokus nih ya kang..
    Thanks info dan ilmunya kang admin :)

    ReplyDelete
  16. keren kreasinya mang, hebat nih cara nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya trimaksih kembali byat pujiannya.!

      Delete
  17. Wah canggih juga ini aplikasinya ya mas, bisa dipelajari dan artikelnya lengkap dengan bagaimana cara mengoprasikannya, buat peta kecamatan mungkin bisa ini mas..sippp informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas bro mantab itu... ok sama saama trimakasih kembali telah berkunjung.!

      Delete
  18. bagi pemakai SIG, kayaknya software ini tidak boleh terlupakan ya kang

    ReplyDelete