AADC VERSI LANGGA


Akun fesbuk ku beku. Sudah beberapa hari gak update status. Mengunjungi beranda teman untuk sekedar bertukar sapa atau hanya sekedar meninggalkan jejak jempol saja malas. Lalu kalau tiba-tiba aku posting status yang rada ekstrim pastilah teman-teman mengira akun ku kena retas. 'Ada Apa Dengan Cak Langga' itu jadi hashtag pertanyaan teman-teman di grup atau dinding  fesbukku. Padahal ya itu cuma karena aku lagi suntuk aja. Galaau. Sudah beberapa hari ini aku kehilangan mood menulis. Gak punya ide? Banyaak. Saking banyaknya aku jadi bingung mau menata yang mana. Tambah lagi mood-nya gak ada. Jadi malas menuangkan ide-ide itu ke dalam tulisan. Padahal tombol-tombol hurup di keypad hp ni sudah melambai lambai sampai lebai minta dibelai..bheww. Tapi kalau gak mood ya sudah..meranalah dikau.

Kira-kira apalah penyebabnya hingga mood ku sampai hilang dan kebiasaanku agak beda. Kadang bengong seperti ikan cupang yang kalah bertarung, kadang senyum-senyum sendiri tanpa tau apa yang lucu. Kadang serasa ada bunga-bunga merah hati berterbangan di sekitar ku. Kadang perut keroncongan tapi serasa kenyang. Tidur gak nyenyak, mandi gak basah..weew kok kayak ayamnya Atok Dalang; si Rambo. Setelah kuteliti dan telusuri ternyata aku sedang jatuh. Jatuh cinta. Hihuuyy..indahnya bro. Sedap-sedap mantap gitu. Ssst..jangan bilang siapa-siapa ya. Iya..aku jatuh cinta sama Ratri anak pak rt desa tetangga. Mau tau seperti apa rupa dan penampakannya si Ratri ini? Wuih..cah manis itu bener-bener ayu. Tau Dian Satroh pemeran film AADC itu kan? Walah...terlalu kalian kalau nggak tau. Nah si Ratri itu manisnya mirip-mirip gitu lah. Apalagi kalau sudah senyum-senyum dikulum..maak...klepek-klepek hati ku.

Aku baru melihatnya lagi setelah sekian lama dia menghilang dari kota kecilku. Ceritanya Ratri pulang kampung bro. Pas lewat pelataran rumah pak rt Samad kok ada penampakan indah semampai sedang menyapu teras. Ketika aku tepat di depan pelataran wajahnya mendongak menatap ke arahku. Walahhh..aku nyaris terjengkang dari sepeda kumbang pak le dirgo melihat wajah ayu yang muirip tenan sama dian sastroh. Susah payah aku berusaha mengukir senyum menyapanya. Aku gak yakin apa bakal manis senyumku itu kok ya perasaan seperti meringiss. Grogi bro. Boro-boro ngajak ngobrol nanya kabar, say hai aja kaki ku langsung gemetaran. Padahal dia itu dulu teman main ku sejak kecil. Malah sering mandi bareng..huikks..jangan mikir aneh duluu. Maksudnya mandi sama-sama di sungai sambil memandikan kerbau. Mencari buah kueni bareng sampai pernah kena timpuk sendalnya pak Markum gara-gara buah kueninya kami ketapel dan biji ketapelnya mecahi kaca jendela pak Markum yang sangarnya mirip pak Raden itu. Kadang kami sama-sama pergi ke sawah mencari belut lalu pulangnya duduk-duduk di bukit memandangi hamparan sawah luas menghijau milik kakeknya. Sambil bercerita dan berkhayal kalau sudah besar mau jadi apa. Kalau aku berkhayal pingin jadi juragan kerbau Ratri berkhayal pingin jadi pembuat pesawat terbang. Wuuh...

Beranjak SMP hubungan ku dengan Ratri masih akrab. Setiap pagi kami berboncengan naik sepeda kumbang ke sekolah. Pokoknya manis banget lah. Sampai akhirnya belum selesai SMP keluargaku pindah rumah ke desa tetangga dan Ratri pindah ke Ibukota ikut pamannya. Tinggal lah aku merana kesepian sementara Ratri begitu menikmati kehidupan kota besar dan akhirnya melupakan ku. Ratri jarang pulang ke kampung. Lebih sering orang tua nya yang datang mengunjunginya ke kota. Makanya aku jadi jarang ketemu nyaris bisa dibilang tak pernah ketemu. Dan pangling banget lihat penampilannya sekarang. Olala Ratrii..Ratri..

Kira-kira Ratri masih ingat gak ya masa kecil kami yang indah dulu? Aku pingin main ke rumahnya dan ngobrol lama sambil mengenang masa lalu tapi kok ya rasanya maluuu tenan. Malu tapi mau. Kadang saking gak tahan pingin lihat wajahnya aku sengaja pelan-pelan mengayuh sepeda ku saat lewat depan rumahnya. Kalau dia ada aku pura-pura gak lihat. Sambil menahan debar debur jantungku aku mengayuh cepat-cepat sepedaku. fyuhhh..kuno! katrok..piye to le..lee. Sampai suatu ketika aku (pura-pura) lewat depan rumahnya pak rt Samad teriak memanggil ku. Wiw..pucuk dicinta ulat pun tiba. Gak perlu repot cari alasan buat ketemu Ratri. Cepat-cepat kuhampiri pak rt yang sudah menunggu di teras rumah. Berbunga-bunga hati ini dengan sejuta harap bisa ketemu Ratri yang akan menyuguhkan minuman buat kami dan aku bertekad baja akan mengajaknya ngobrol nanti setelah selesai bicara dengan bapaknya. Minta no telponnya sekalian. Janjian ketemuan di bukit sekalian wes.
Sesantai mungkin aku duduk dekat pak rt. Sesekali aku melirik ke pintu berharap Ratri muncul. Aku khawatir pak rt mendengan jedar jeder jantungku. Setelah basa-basi sedikit pak rt mengungkapkan maksudnya memanggilku. 

"Aku mengharapkan bantuan mu le"
"Apa yang bisa saya bantu pak rt?"
"Bulan depan aku mau mengadakan acara le, kuharap kamu bisa bantu-bantu ya le"
wiiiih..rasanya kembang kempis berbunga-bunga hatiku. Ni pas banget nih, pikirku.
"Baik pak rt, siap" kataku bersemangat.
"Aku juga pingin pesan kerbau yang bagus..kamu kan sudah jadi juragan kerbau, aku mau beli kerbau darimu untuk dipotong diacara itu le"
Wuikks...acara besar ini pakai potong kerbau segala.
"Boleh pak rt, nanti kupilihkan yang bagus dan kasih diskon lah buat pak rt" sahutku. 
"Omong-omong acara apa nih pak kok sampai potong kerbau segala?" tanyaku penasaran. Sama penasarannya dengan sosok Ratri yang dari tadi belum nongol-nongol juga.
"Mau ngunduh mantu le..mau menikahkan Ratri"
Jlegarrrr!! bagai disambar petir rasanya hatiku langsung hancur berkeping-keping. Tubuhku langsung panas dingin dan lemas.
"Alhamdulillah le, jodohnya Ratri sudah sampai. Sudah dilamar sama mekanik pesawat terbang le..doain semua lancar yo le"

Hikss...aku cuma manggut mengaminkan. Pikiranku sudah nggak konsen. Tanpa menunggu lama lagi dan gak ngarep suguhan minuman lagi aku pamit pulang dengan langkah digagah-gagahkan. Ratriii..ratriii...kamu keburu diambil orang..Cintaku hancur sebelum berkembang. Alamat awet jadi bujang tuo awak ni...

Teman-teman...jangan tanya kemana aku pergi ya kalau fesbuk ku jarang aktif. Aku pingin semadi dulu. Berdoa sama yang kuasa minta dikirimi Ratri yang lain bakal calon istriku. Gak secantik Dian Satroh juga gak apa-apa yang penting sayang dan cinta dengan tulus pada ku. Aamiin.


Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

48 komentar:

  1. mhuehehehehhe...
    sing sabarr yow kang admin :D
    ratri nya nt turun tuh dari kahyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dapat Ratri 'kan masih ada ratna, ratih ratno atow ratiman Cak, wkwkwkwk...

      Delete
    2. Mbak Rahayu... Iya mbak tapi cakit nya tuh disini.... Pakai banget... Kang Maman pokoknya gak mau kalaubenggak Ratri... Apqlagi Ratno... Gak mau Kang.!

      Delete
    3. tak ada ratri ,, rahayupun jadi... jeheheh :D

      Delete
    4. Hahaha iya kang Rahayu pun jadi xi xi xi

      Delete
  2. Cinta pun berkata : Rangga knp celamu robek-robek gitu abis berantem sama kucing ya ? itu kata si cinta ... wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan brantem sama kucing kang, tapi nyangkut di pager kawat berduri hahaha...

      Delete
    2. Kang bukan kelahi sama kucing atau kecantol kawat duri gara gara ngintipin Ratri Kang... Ini ceritanya Mreman Kang... Kan Lagi Galau gitu kang.!

      Delete
  3. jangan menyerah dong 'Cak Langga, kalahkan mekanik pesawat terbang itu, kamu pasti bisa, keluarkan semua jurus andalanmu... hiaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang semangat akan saya keluarkan jurus andalan, jurus kobo nyruduk... Biar disruduk sama kerbau si nekanik pujaan Ratri...

      Delete
    2. hahaha... gitu dong ... harus terus berjuang jangan mau nyerah sama keadaan (nyemangitin diri sendiri juga, hehe...)

      Delete
    3. hahaha uya kang huk huk tapi akit nya tuh dusunu kang

      Delete
  4. Haha knpa tuh kaya si rambo ayam nya tok dalang ? yang sabar kang Langga :) pantang menyerah (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas brow pantang mundur sebelum hancur ya xixixixi

      Delete
  5. hahahaha kasian kasian dirimu le tole... kayaknya setelah si ratri nikah, pean akan kembali senyum sendiri. ngeri kang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa ha ha ha kang Abdurohim tenenin donk kang kalau kasian kang xi xi xi

      Delete
  6. Melihat kegundahan hati Kang Admin, aku bisa menebak nama lengkap si Ratri. Pasti namanya adalah RATRI(MO)... alias tidak terima si doi digondol mekanik pesawat terbang. heheh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah bener sekali kang aku KI Ratrimo rasana pengen tak gowo kabur tapi wedi karo bapakke.. iiixixixixi

      Delete
    2. Sabar, Mas Bos. Kelak pastilah ada Ratri lain yang tidak hanya siap digondol, tapi malah minta digondol. :))

      Delete
  7. wahahha sabaarrr.. tiwas seneng bisa bantu (bakal) calon mertua, eh kokgak jadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sekuteng roti bolu rasido seneng yo rasido guyu hek hek hek hem. hem ehem

      Delete
  8. Aduh kang bos jangan ngelamun terus nanti bahaya jatuh loh kan saya tidak ada di sana, kalau mau lompat jangan kang jangan ehk maksudnya jangan lama lama kang untuk loncatnya, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Nurul Mah Begitu Orang nya... gask kasuan apa sama saya...

      Delete
    2. Bukan begitu kang ahi hi hi.
      emang gituh kang saya mah orangnya suka gimana gituh.
      Da aku mah apa atuh mengunjungi blognya kang bos juga sambil nangis kronis.

      Delete
    3. Wah malah kronis akang nya xu xi xi xi xi

      Delete
  9. Sabar ya mas, nanti pasti mendapat jodoh yang lebih baik, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Anjar semoga aja aamiin.!

      Delete
  10. hmmm... Perasaan nih cerita kayak sinetron,,, pasti perasaannya hancur berkeping - keping,tapi lagian cewek banyak,,, ngapain harus repot - repot mikirn orang yang udah ninggalin kawin jahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe rencana mau di buat film layar perak kang.! Yah terlanjur cinta kang admin nya xi xi xi

      Delete
  11. INi kenapa tragasi banget ya mas. :D Yang sabar, pasti ada Ratri lain yang siap mencitaimu apa adanya...

    Terus berdoa dan berusaha. Mudah-mudahan jodoh semakin didekatkan. AMin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang semangat semangat kang.!

      Delete
  12. Tapi semoga cantiknya kayak Mbak Dian Sastro, dan sayang juga, gitu, Ratri oh ratri... hehehehehehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ratri oh ratri kenapa engkau pergi.... Xi xi xi

      Delete
  13. bang admin pingsan ga bangun-bangun ditinggal ratri, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak pingsan... Kan legi semedi kang xi xi xi

      Delete
  14. Itu fotony emang mirip bgt sm dian sastro ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan cantik Ratri ku... Oh Ratri xi xi xi

      Delete
  15. Keren juga mas AADC versinya mas langga, hi hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha iya donk mbak... Ngenes

      Delete
  16. cintanya dahsyat bngit mas.. sangat pantas bagi Ratri yang cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh mbak... Harusnya Ratri lebih milih saya mbak.. Kalau gak keburu du gondol sama tukang bengkel pesawat nya mbak.!

      Delete
  17. sabar yo Mas, masih banyak Ratri-Ratri yang lain #eh :)

    ReplyDelete
  18. Heeehhe bisa aja ni mas admin.

    ReplyDelete
  19. admin kalau udah puyeng kek gini ya...hahahah
    sabar...

    ReplyDelete