RIBET GAK SIH KULIAH.???


Sistem Perkuliahan itu gak seribet yang kamu bayangin tapi juga gak semudah yang kamu harapkan. Buat adik adikku yang baru saja menyelesaikan Ujian Nasional nya pada tanggal 4 April 2016 lalu, udah kebayang kah gimana aktivitas perkuliahan yang sebentar lagi bakal kamu jalanin?
Aku mau sedikit berbagi aja nih. Ini lebih ke sistem jadwalnya aja ya. Soalnya ini yang agak ribet.
Oh iya. Dulu sebelum kuliah, aku juga berpikiran sama seperti kalian kok. Kuliah itu simpel dan gak sesulit masa SMA. Tapi jangan salah ya teman teman. Di SMA kita punya sistem jadwal pelajaran yang sangat teratur dan sistematis. Di bangku kuliah juga kita akan mendapatkan jadwal mata kuliah sesuai mata kuliah yang kita ambil saat pengisian KRS (Kartu Rencana Studi). Pengisian KRS itu sendiri akan kita lakukan di awal perkuliahan sebelum masa kegiatan ajar mengajar dilaksanakan.

Nah, setelah kamu mengisi KRS, data kamu akan di proses dan setelah itu barulah kamu mendapatkan jadwal mata kuliah sesuai yang tertera di KRS kamu. Biasanya untuk satu mata kuliah kamu akan menjalani pembelajaran minimal 1 sks dan maksimal biasanya 3 sampai 4 sks.
Apa itu sks? SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Dengan sistem ini, mahasiswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan ia ambil dalam satu semester. SKS digunakan sebagai ukuran:
* Besarnya beban studi mahasiswa.
* Besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa.
* Besarnya usaha belajar yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program, baik program semesteran maupun program lengkap.
* Besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar.
Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Misalnya program sarjana (S1) mempersyaratkan mahasiswanya untuk menyelesaikan 144 - 160 SKS, program D3 mempersyaratkan 110 - 120 SKS.
Kamu bisa mempercepat kelulusanmu dengan cara mengambil lebih banyak jumlah sks di setiap semesternya. Untuk itu, biasanya kamu akan diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah atas dengan syarat IP atau IPK minimal 3,00.
Dengan bertambahnya mata kuliah maka kamu juga akan mendapatkan jadwal yang lebih pula. Hal ini yang biasanya akan memperpadat jadwal mata kuliahmu.
Jadwal mata kuliah ini biasanya akan berubah ubah sesuai kesempatan dosen untuk hadir. Jika dosen tidak dapat hadir atau dikarenakan hari libur, mata kuliah tersebut tidak akan terlewatkan begitu saja melainkan akan di komplementasikan atau di gantikan di hari lain sesuai perjanjian antara dosen dan mahasiswa itu sendiri. Jadi inilah yang terkadang membuat jadwal mata kuliah sering tidak menentu. Dan hal inilah yang menuntut kamu untuk terus berkomunikasi antar teman atau dengan dosen untuk kepastian jadwal mata kuliah tertentu.
Dan ini ada satu bocoran buat adik adik yang baru akan masuk dunia perkuliahan. Tau gak sih, yang katanya satu semester ini ada 6 bulan. Ternyata, satu semester dalam dunia perkuliahan tidaklah full 6 bulan.
Baca :  MEMBIDIK BEASISWA JARUM, BIDIK MISI, PPA, PEMPROV

Biasanya pada Perguruan Tinggi Negeri, perkuliahan akan dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Januari untuk 1 semester (ganjil) dan akan dimulai kembali pada bulan Februari hingga Juni untuk semester genap. Setelah itu kamu akan free selama Juli hingga Semtember. Itu tandanya kurang lebih masa perkuliahan adalah 5 bulan lamanya. Gak akan terasa loh. Rasanya baru masuk udah UTS aja, baru masuk udah UAS aja. Yah semangat deh buat adik adik yang akan berjuang di dunia intelektual tinggi sebagai Mahasiswa.
Sebenernya gak begitu ribet juga sih, asalkan dijalani dengan tulus dan ikhlas, maka sesuatunya itu akan terasa mudah.
Let's be the smart person in university!
Tara Tambang'15

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar:

  1. WAH RIBET DAN JLIMET TERNYATA pengen jadi, pantesan aja disebutnya juga Maha - siswa, untung saya mah nggak jadi anak kuliah, kalau kuli-ah selalu saya sebutkan setiap mau berangkat dari rumah pamit ke ibue...bu, ayah berangkat KULI ah...begitu selalu setiap pagi mang....gimana, tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama kang.! Saya juga kuliyah juga bukan kuliah.... Kuli payah xi xi xi xi.!!! Nasib ya nasib karna takut ribet kang... Jadi kuliyah aja jadinya.!

      Delete