Ragam Budaya Negeri ku Indonesia

 Q Beritakan. Indonesia selain terkenal dengan kekayaan alam yang berlimpah ruah, dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui maupun sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui, Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki 17.508 pulau dengan 1.128 suku bangsa. yang membuat Indonesia kaya akan budaya yang diwarisi dari para leluhur. Suatu yang patut di banggakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara terkaya akan budaya di dunia. Mulai dari mulai dari sabang sampai merauke yang mempunyai ciri khas budaya nya masing-masing. seperti tari dengan kecepatan gerakan tangan, Saman di Aceh hingga lagu Apuse dari Papua yang sudah sangat tidak asing ditelinga semua orang. Disatu provinsi saja sudah terdapat ratusan budaya, mulai dari bahasa, tarian, adat istiadat, lagu dan masih banyak lagi yang lainya.
 

Pertanyaan terbesarnya sekarang, “seberapa besar kepedulian bangsa ini dengan kekayaan budaya leluhur yang sangat beragam?”. Seperti ungkapan yang sering terucap saat perkenalan yaitu, “tak kenal maka tak sayang”, kebanyakan penghuni bumi pertiwi ini hanya mengetahui Batik tanpa mengetahui kebudayaan leluhur yang lain yang mungkin mencapai belasan ribu jumlahnya, pengetahuan mereka akan batik pun hanya karena Batik telah di akui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 tetapi sebelumnya mereka malu menggunakan batik karena terkesan kuno. Persoalan Batik adalah salah satu permasalah kecil dari ketidakpedulian kita akan budaya peninggalan nenek moyang kita.
 

Bagaimana kita cinta akan budaya kita jika kita tidak mengetahui apa saja budaya kita yang sangat beragam. Terkadang kita terlambat mencintai kebudayaan sendiri sehingga ada bangsa lain yang terlebih dahulu mengakui budaya tersebut, dan setelah itu kita akan marah-marah menuduh mereka telah mencuri kebudayaan kita. Sebenarnya permasalahannya ada pada bangsa ini. Andai saja dari awal sudah menanamkan rasa cinta budaya tanah air sejak dini pasti kejadian-kejadian tersebut tidak akan terjadi.

Para generasi muda banyak yang malu mengakui budaya sebagai identitas dirinya, kebanyakan dari mereka lebih bangga dengan budaya bangsa asing. Mereka lebih bangga berbahasa inggris daripada memakai bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari. Mereka lebih bangga tawuran daripada mengikuti ekstrakulikuler tarian adat, mereka lebih bangga menyanyikan lagu asing daripada lagu daerah sendiri. Ini adalah berbagai hal yang memang terjadi akhir-akhir ini. Kejadian ini bahkan bukan sekali atau dua kali terjadi tetapi hampir setian hari kita dapat mendengar banyak pelajar yang tawuran.

Sedangkan para generasi tuanya lebih memilih untuk melestarikan budaya korupsi daripada budaya dari para leluhur. Diseluruh intansi negara sudah menjadi kebiasaan para penghuninya untuk korupsi. Mereka tidak malu-malu lagi memakan uang yang bukan menjadi hak mereka, bahkan uang rakyat pun mereka korupsi.Sungguh memalukan memang, tetapi inilah yang terjadi pada negeri kita saat ini.Semoga budaya leluhur kita semakin dicintai dan dikenal di seluruh dunia. Ayo para generasi muda, mulai sekarang singsingkan lengan baju. Ayo kita cintai dan lestarikan budaya leluhur bangsa sendiri. Agar bukan saja menghargai budaya sendiri tetapi dapat menjadi kebanggaan bagi kita semua..!

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

9 komentar:

  1. Justru budaya korupsi itu menjadi produk asli negeri ini. Budaya yang harus segera dihak patenkan,biar tidak keburu dicaplok negara lain. Pertahankanlah budaya korupsi ! Tari saman memang hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Kang Djangkaru Bumi, Buda Korupsi kayak nya memang harus segera di Patenkan,! supaya tidak di caplok negara lain.

      Delete
    2. sepakat dengan pendapat kang Djangkaru Bumi...maka ikuti petunjuk di blog saya bagaimana cara mendapatkan hak paten seperti yang dimaksudkan dengan korupsi sebagai budaya negeri ini, buruan nanti keburu diaku-aku oleh negeri seberang...buruan yah

      Delete
    3. ha ha ha Iya kang 100 buat akang wk wk wk cekidot langsung Ke TKP

      Delete
    4. Saya dukung 100% mamang-mamang semua!

      Delete
    5. Top kang.... Memang harus begitu cit cit cit

      Delete
  2. Indonesia memang kaya akan ragam budaya ya mas. Sampai-sampai diakuin oleh negara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kang.! Jangan sampai kita ciri khas bangsa kita menjadi ikon negara lain kang.!

      Delete