Mengenang Raden Ajeng Kartini


 Ibu kita Kartini

Putri sejati

Putri Indonesia

Harum namanya

Ibu kita Kartini

Pendekar bangsa

Pendekar kaumnya

Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini

Putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya

Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini

Putri jauhari

Putri yang berjasa

Se Indonesia

Ibu kita Kartini

Putri yang suci

Putri yang merdeka

Cita-citanya

Wahai ibu kita

KartiniPutri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya

Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini

Pendekar bangsa

Pendeka kaum ibu

Se-Indonesia

Ibu kita Kartini

Penyuluh budi

Penyuluh bangsanya

Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini

Putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya

Bagi Indonesia

Karangan / Ciptaan : W.R. Supratman
Q beritakan. Tanggal 21 April 2016 adalah Hari Kartini yang selalu diperingati setiap tanggal 21 April adalah peringatan untuk mengenang seorang wanita agung bernama Kartini. Ia dikenang hingga sekarang karena telah menjadi inspirasi bagi seluruh wanita, khususnya di Indonesia sebagai wanita berpendidikan, wanita yang tak terkungkung dalam superioritas kaum lelaki. Kartini adalah wanita yang menyerukan kepada seluruh kaum wanita terus bersinar; seperti harapannya yang terhimpun dalam buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’.

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Tanggal kelahiran ini yang kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan Kartini. Kartini lahir dari keluarga bangsawan Jawa, dari pasangan R.M Sosroningrat dan M.A Ngasirah.  Hidup di tengah keluarga bangsawan membuat Kartini mendapat pendidikan yang baik. Ia banyak bersentuhan dengan pemikiran modern.



Perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperoleh hak yang sama bagi perempuan. Seorang perempuan memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Itulah juga yang merupakan inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan. Kini hal tersebut tampak nyata dari banyaknya perempuan yang telah mengenyam pendidikan yang tinggi dan akhirnya memiliki profesi yang sangat baik di bidangnya. Hal ini bahkan menjadi sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena memiliki perempuan hebat yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Semua pencapaian perempuan didalam segala bidang adalah wujud perjuangan Kartini, Hidup Kartini Sebagai Putri yang mulia yang Sungguh besar cita-citanya Bagi Indonesia.!

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

10 komentar:

  1. EMANSIPASI KAUM PEREMPUAN iNDONESIA DIMULAI setelah peran Ibu R.A. Kartini membangun kaum perempuan melalui pendidikan yang dibangun di pendopo rumahnya.
    sungguh sebuah perjuangan yang kini harus diisi oleh kaum perempuan Indonesia dengan emansipasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kang,.. semoga Kartini Modern selalu mengisi dengan emansipasi nya tanpa mengurangi nilai perjuangan yang dilakukan Oleh RA. Kartini yang sesungguhnya.!

      Delete
  2. Walaupun saya tidak kenal sama R.A Kartini, tapi saya kagum sama beliau, perjuangannya itu yang sangat sungguh2 luar biasa, selamat hari kartini 21 april 2016, maju terus kartini muda indonesia ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAT PARA KARTINI MUDA INDONESIA

      Delete
  3. Selamat Hari Kartini.
    Semoga wanita Indonesia dapat mengikuti jejak ibu Kartini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang semoga semua bisa memaknai hari kartini.. aamiin.

      Delete
  4. Semoga dengan adanya hari kartini ini kita sebagai kaum laki laki harus lebih menghargai lagi kaum wanita sebagai kaum yang memang pantas untuk dihargai dan bukan untuk dijadikan pelengkap semata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali kang... itu sangat benar.. saya heran kang... tumben kok bener sampean kang Nurul Iman.?

      Delete
    2. Hmm iya nih kang soalnya hati saya lagi sadar dan alasan utamanya adalah karena layar monitor saya habis dan sudah baru beli kemarin karena sering di garuk garuk ku saya kan sayang kalau yang baru beli di garuk garuk lagi, ahi hi hi.

      Delete
    3. hahahaha ngaku nih ye wk wk wk wk

      Delete