MEMBIDIK BEASISWA ( JARUM, BIDIK MISI, PPA , BCA & PEMPROV )

Qberitakan. Adik adik yang baru selesai UN SMA, yang pada mau melanjutkan study ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), aku mau sharing mengenai beasiswa nih.

Nih ya, dalam Perguruan Tinggi Negeri itu kita bisa punya banyak peluang untuk dapatkan beasiswa lho. Gak hanya dari Universitas itu sendiri, banyak juga beasiswa dari berbagai macam instansi dan pemerintah tentunya.

Yang pertama, ada beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik.
Beasiswa PPA ini merupakan beasiswa yang bisa diajukan setiap semester, minimal semester 2. Kamu bisa dapatkan beasiswa PPA dengan syarat IPK kamu minimal 2,75 dan meningkat pada setiap semesternya. Untuk syarat lainnya kamu juga harus merupakan mahasiswa yang aktif di kampusmu dan syarat detil lainnya bisa kamu dapatkan lewat informasi dari jurusan. Beasiswa PPA hanya memberikan tunjangan dana kuliah Rp 2.100.000, (Universitas Bangka Belitung) pada semester saat kamu mendaftarkan diri dalam beasiswa ini. Itu artinya kamu tidak dibiayai  sepenuhnya hingga lulus. Tapi itung itung lumayanlah ya, bisa mengurangi beban orang tua kamu.

Yang kedua ada beasiswa PEMPROV atau beasiswa dari Pemerintahan Provinsi.
Nah, beasiswa ini biasanya telah diajukan oleh sekolah kamu sebelum kamu dinyatakan lulus dan dengan syarat nilai yang telah ditentukan dan kamu merupakan siswa yang kurang mampu dari segi ekonomi. Namun kamu juga bisa mendapatkan beasiswa ini dengan direkomendasikan oleh Pemerintah Provinsi atau mengajukan diri pada semester tertentu tergantung kebutuhanmu.
Beasiswa PEMPROV merupakan beasiswa yang akan membiayai kuliah kamu hingga selesai (biasanya maksimal 8 semester) namun tidak membiayai keperluan harian kamu lainnya.

Kemudian yang ketiga ada beasiswa BCA Finance. Beasiswa ini biayai oleh Bank BCA dan tidak hanya mahasiswa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang bisa mengambilnya, mahasiswa PTS (Perguruan Tinggi Swasta) juga boleh mendaftarkan diri dalam beasiswa ini. Kalau kamu mau dapatkan beasiswa ini syarat umumnya adalah nilai IPK kamu harus minimal 3,00 (PTN) dan 3,40 (PTS). Beasiswa BCA Finance melaksanakan seleksi bagi para mahasiswa  dengan 160 calon se-Indonesia dan diseleksi hingga menyisakan 80 orang mahasiswa. Lumayan lho kalau bisa dapat beasiswa BCA Finance, kamu akan menerima sejumlah dana Rp 3.000.000 per beberapa semester (sesuai ketentuan pihak bank).

Kemudian ada lagi beasiswa DJARUM. Wow, beasiswa ini merupakan beasiswa yang sangat bergengsi diantara universitas se-Indonesia. Beasiswa DJARUM merupakan beasiswa yang dibiayai oleh PT.DJARUM. Beasiswa ini bisa kamu dapatkan hanya pada saat kamu semester 4 (S1/D4). Tentunya IPK kamu harus 3,00 pada saat semester 3 dan stabil atau meningkat di semester 4. Kamu juga harus merupakan mahasiswa aktif dan berprestasi ya. Biasanya pendaftaran beasiswa DJARUM melalui pendaftaran online. Setelah itu kamu akan diseleksi dalam lingkup universitas, jika berhasil maka akan masuk ke tahap berikutnya sesuai prosedur. Kamu tau, dalam beasiswa ini kamu akan dibiayai sebesar Rp 750.000, per bulannya selama satu tahun. Tidak hanya sekedar dana bantuan kuliah, jika kamu bisa medapatkan beasiswa DJARUM, kamu akan mendapatkan pelatihan skill diluar kota (biasanya berbeda setiap tahunnya), National Building serta Character Building.

Selanjutnya ada beasiswa BIDIKMISI. Beasiswa ini adalah beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah. Beasiswa BIDIKMISI merupakan beasiswa yang paling spesial karena merupakan beasiswa yang paling besar jumlah dananya, yang mana kuliahmu akan dibiayai hingga lulus (maksimal hingga semester 8) dan kamu juga mendapatkan uang saku atau keperluan harian sebesar Rp 3.600.000, per semester. Untuk mendapatkan kesempatan sebagai penerima Beasiswa BIDIKMISI, biasanya sekolah kamu yang akan mengurus pendaftarannya secara online dengan syarat nilai yang telah ditentukan serta kamu merupakan siswa yang kurang mampu dari segi ekonomi namun berprestasi. Setelah didaftarkan kamu akan mengisi kelengkapan data pribadi sesuai syarat. Saat kamu telah duduk dibangku kuliah, kamu juga harus mempertahankan IPK kamu minimal 2,75 (bisa terus meningkat sesuai ketentuan pusat). Jika kamu merupakan mahasiswa penerima Beasiswa BIDIKMISI, kamu diharuskan menjadi mahasiswa yang berprestasi, aktif, kreatif, dan inovatif. Saat ini pemerintah memberikan bantuan tambahan yaitu Kursus Bahasa Inggris khusus bagi penerima Beasiswa BIDIKMISI secara gratis. Banyak lho keuntungan menjadi mahasiswa penerima beasiswa ini. Salah satunya adalah kamu tidak perlu lagi mengerluarkan biaya KKL, KP, Bimbingan Skripsi, KKN dan wisuda.


Setiap beasiswa diatas memiliki syarat yang sama yaitu jika kamu ingin menjadi mahasiswa penerima beasiswa, kamu tidak boleh terikat dengan beasiswa lainnya. Itu artinya bahwa kita itu gak boleh serakah ya. Karena masih banyak juga yang memerlukannya.

Dan masih banyak lagi beasiswa lainnya yang bisa kamu dapatkan. Jadi, jangan khawatir untuk tidak mendapatkan beasiswa asalkan kamu berprestasi, aktif, kreatif dan inovatif. Selalu ada jalan menuju Roma, jangan putus asa kalau tidak mampu secara ekonomi dan jangan dijadikan alasan untuk tidak melanjutkan kuliah karena kita masih bisa  bertarung dengan mengajukan diri sebagai penerima  beasiswa. Arahkan laras senapan harapan dengan membidik beasiswa memakai peluru prestasi. Persiapkan diri jauh-jauh hari dengan belajar giat dan terus mencari informasi.

Oleh Tara;Tambang15

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar:

  1. Nah kalau berita yang ini saya setuju kang bos beritanya muantappp sekali buat adek adek kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya kang semopga bermanfaat kang.

      Delete