MAKANAN LOCAL INDONESIA YANG MENDUNIA



Keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia membuat Indonesia terkenal dengan kekayaan budaya yang tersebar dari sabang sampai merauke, diantara adalah, suku jawa, Batak, Minang, Sunda, Ambon,dayak dan masih banyak yang lainya, dari itulah mucul berbagai makanan local yang dari daerah-daerah tersebut dengan ciri khas masing –masing.
Di indonesia mempunyai ragam masakan atau kuliner yang bermacam-macam, Setiap daerah mempunyai jenis –jenis masakan sebagai ikon daerah tersebut, seperti halnya Padang sumatera barat, selain terkenal tempat wisatanya juga menyimpan aneka ragam jenis kuliner yang sering dibuat oleh-oleh jika kita melancong kesana, kripik sanjai kristim hakim misalnya, rending dendeng batokok, dendeng lambok dan lain sebagainya. Rendang yang sempat menjadi buah perbincangan baik dimedsos maupun di media visual, yang beritanya sih akan dipatenkan oleh Negara serumpun yaitu Malaysia.  Nah berikut adalah beberapa makanal local yang mendunia :
1.       Rendang ,
 seperti yang telah admin uraikan diatas Rendang berasal dari Daerah Padang sumatera barat, Siapa yang tak kenal Makanan in, maknan yang berasal dari daging sapi atau kerbau yang disajikan dan diolah denga sedemikian rupa menjadi makanan yang lezat menjadi makanan khas dari padang tersebut. Masakan ini dapat kita temua diseluruh Rumah makan Minang yang tersebar diseluruh penjuru negeri ini.
2.       Soto,
 ternyata makan ini sabgat digemari oleh semua orang baik dari Indonesia sendiri maupun diluar negeri, nah soto ini pun banyak sekali macamnya, ada soto medan, soto minang, soto jawa, soto surabya  yang mempunyai rasa dan cirikhasnya masing-masing.
Soto yang dapat kita temukan hamper diseluruh wilayah diindonesia, dipasar-pasar dan warung-warung makan atau dilestoran. Makanan yang disajikan dengan Nasi dan mie dengan kuah bening atau santan tersbut ternya menjadi favorit masarakat dunia.
3.       Sate
Selain Soto dan Rendang serta dari beragam jenis makanan khas Indonesia ini sate juga menjadi makanan yang mendunia, denga penyajian yang unik dengan berbagai cara mengolahnya, seperti hal nya sate Padang, sate Madura yang disajikan dengan kuah yang banyak dengan bumbu-bumbu membuat nikmatnya para Penikmat Sate dari penjuru Dunia.
4.       Gado-Gado
Sesuai dengan namanya Gado-Gado alias banyak macam dicampur menjadi satu, tapi bukan sate rending dan soto yang dicampur menjadi gado-gado lo.  Gado-gado ini sering dikenal denga sebutan Lotek, makanan salad yang diberitaburan bawang goreng potongan mentimun, kacang panjang kol Toge biji jagung Telur dan Kentang, yang membuat para penikmatnya merasakan sensasi yang unik.
5.       Nasi Goreng
Hem,,, siapa sangaka Nasi goreng juga masuk jenis makanan yang mendunia, yang siapa saja bisa membuatnya sendiri dirumah masing-masing. Denga bahan-bahan yang pastinya ada didapur kita masing-masing. Nasi goreng tersebut juga bervariasi dengan penyguhan yang lain lain, seperti Nasi goreng Petai, Nasi goreng ayam, nasi goreng daging, pokoknya bervariasi denga kenikmatan sesuai selera kita.
6.       Tempe
Tempe adalah makann hasil fermentasi jamur dari kedelai , ternyata Tempe ini sangat digemari oleh masarakat dunia, seperti hal nya dijepang banyak sekali olehan makanan dari tempe tersebut, di Indonesia sendiri Tempe ini menjadi makan favorit dari semua kalangan dari desa sampai kekota semua suka Tempe,.
Demikian lah sedikit ulasan tentang beberapa makanan khas Indonesia yang mendunia, barangkali masih banyak jenis makan lain yang juga mendunia yang belum admin tau, Jika ada makan khas daerah anada yang mendunia silahkan ditambahkan sendiri ya dikolom komentar trimakasih telah berkunjung.
sumber Poto

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. hampir semua sudah saya coba kang, ternyata makanan lokal ini mendunia ya :)

    ReplyDelete