LARI LINTAS ALAM BERSAMA KOBA HASH HOUSE HARRIERS


Koba Hash House Harriers adalah sebuah klub lari lintas alam yang merupakan salah satu kennel Hash Househ Harriers di dunia. Kenel Hash House Harriers ini tersebar di hampir setiap kota besar di Indonesia juga dunia. Setiap kenel punya pengurus sendiri-sendiri. Diketuai oleh seorang Hash Master dan perangkat lainnya. Dalam Hash House Harriers pesertanya disebut Hasher. Kegiatan larinya disebut Hash atau Hashing. Mottonya fun, fitness n friendship.
Lokasi hash atau treknya selalu berubah setiap minggunya. Dan yang membuat trek ini namanya Hare. Atau kalau di Kobahash disebut juga kelinci. 

Nah kelinci ini yang meracik trek hash agar menarik. Mulai dari menentukan lokasi, menabur kertas penanda dan memasang tanda On-On sebagai tanda bahwa jalan yang diikuti para hasher sudah benar, tanda Check-back sebagai tanda salah jalan dan hasher harus kembali menemukan jalan yang benar, serta tanda Checking sebagai tanda bahwa hasher harus mengecek jalan biasanya diletakkan di jalan bercabang. Kertas-tanda ini biasanya ditempel di pohon. 

Kertas penanda yang dihambur kelinci adalah potongan kertas limbah kantor yang berbentuk mie. Nah, para hasher akan berlari sesuai tanda yang dipasang kelinci. Biasanya kelinci sengaja membuat tipuan-tipuan dan memasang tanda check-back. Maksud sebenarnya adalah supaya pelari berkumpul kembali, jadi tidak ada pelari yang terlalu cepat atau terlalu ketinggalan. Kadang hasher yang sudah ada di depan sekali bisa jadi yang paling belakang saat kena false track atau ketemu check-back. 

Disinilah letak fun -nya. Ada kegembiraan tersendiri saat mengikuti trek yang dibuat kelinci karena kadang mirip-mirip mencari jejak gitu. Untuk jarak lari bisa disesuaikan kemampuan masing-masing hasher dalam sebuah kenel. Kalau Kobahash sendiri biasanya treknya antara 4, 5 atau 6 km sampai 8km. Waktu tempuh juga terserah. Biasanya selesai paling lama 1 jam. Walau ini klub lari tapi tidak wajib lari. Boleh sambil jalan sesuai kemampuan saja. Kadang sambil jalan mengobrol sesama hasher tak jarang lobbi-lobbi bisnis juga terjadi disaat hash ini. 
Setelah run selesai biasanya kami ngobrol dulu bersenda gurau sambil membahas trek dan obrolan lain. Disinilah letak friendship nya. Pertemanan di hash house harriers ini juga terjalin antar hasher dari kenel lain. 

Karena ada even tempat berkumpulnya para hasher yaitu Pan Indo Hash yaitu even tahunan yang diselenggarakan oleh kenel yang terpilih saat voting dalam hash master meeting yang dilakukan setiap even pan indo hash. Pesertanya selain hasher dari seluruh indonesia juga hasher dari luar negeri yang sudah mendaftarkan diri pada panitia. Pan Indo Hash tahun ini akan diadakan di Bali pada tanggal 5-7 Mei 2016. Ada juga Interhash yang berskala internasional dan diadakan setiap dua tahun sekali.
Setiap kenel hash punya hari hash yang berbeda-beda. Kalau Kobahash sendiri hash-nya setiap Senin sore mulai start jam 5 sore dan biasanya sudah selesai sebelum jam 6 sore. Kebanyakan treknya dibentang di jalan setapak perkebunan sawit, perkebunan lada dan karet. Kadang di pinggir pantai menerobos hutan bakau menyeberangi sungai dan parit. Karena jarang ada dataran tinggi bisa dibilang treknya datar-datar saja. Tak jarang kami juga lari di area bekas pertambangan timah.

Hari ini Senin, jam tiga sore hare yang bertugas berangkat menuju lokasi untuk menghambur kertas tanda. Ditengah jalan hujan turun. Waduh, padahal waktunya sempit. Demi tugas apa boleh buat, hajaaar. Untung kemarin sudah diperiksa jadi hari ini tinggal pasang tanda saja deh.

Di tempat start hare memasang tanda start dan menghamburkan kertas cukup banyak. Eh, kok nyampah ya..hehe..tenang kertasnya cepat hancur kok. Kalau cuaca normal seminggu juga sudah hancur, kalau musim hujan seperti sekarang tiga hari juga sudah berbaur dengan tanah. Jadi aman tetap ramah lingkungan.

Treknya melintasi jalan setapak tanah berpasir. Masuk dari perkebunan singkong yang baru ditanami ke arah perkebunan kelapa sawit. Kertas penanda dihambur berjarak 10-15 meter. Di sebuah persimpangan hare sengaja tidak memberi tanda. Maksudnya biar para hasher checking. Ternyata banyak hasher yang berlari ke arah kanan. Lumayan jauh sampai akhirnya mentok ke sungai. Yaaa....para hasher kecewa. Kertasnya memang terputus dan itu cukup memberi isyarat bahwa hasher harus kembali. Hare yang memantau ke lokasi tertawa senang karena berhasil membuat para hasher mengomel karena check-back. Hihii..padahal tadinya hare sempat khawatir treknya kena potong. Tapi karena hasher semuanya kena check-back jadi lokasi yang bisa dipotong tidak ketahuan. Horee...hare gembira meski diomelin para hasher.

Saking gembira dan sibuk foto-foto hare sampai lupa bagi-bagi kupon lucky draw. Oh iya, hari ini ada yang special. Kobahash dapat sponsor merchandise dari supporter. Yaitu Bank Sumsel Babel, Bank BNI dan Bank Mandiri. Untung trek masih kurang dari 1,5 km lagi jadi masih sempat mengejar hasher yang di depan untuk dikasih kupon. Sekalian mengingatkan mereka bahwa hasher yang pertama mencapai garis finish akan mendapatkan kaos Kobahash. Wah hasher Akbar yang biasa jadi hasher pertama langsung semangat berlari.
Selesai bagi kupon hare segera menunggu di garis finish yang juga merupakan tempat start semula. Siapa hasher pertama?? Ternyata Ansori..yeaah..selembar kaos koleksi Kobahash pun diserahkan oleh Grand Master. 

Sambil menunggu hasher yang belum sampai kami makan bubur kacang hijau dan minum es buah dulu. Setelah semua berkumpul baru lah kupon lucky draw-nya diundi. Wah..semua gembira. Walau karena keterbatasan waktu akhirnya sebagian merchandise diputuskan untuk dibagikan minggu depan. Kegembiraan hasher merupakan kepuasan tersendiri bagi hare atau kelinci. Happy on-on dan tetap sehat selalu.

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

4 komentar:

  1. Waw seru tuhh, larinya sampai masuk air segala ...

    ReplyDelete
  2. iya kang lebih menantang dan asyk kang.

    ReplyDelete
  3. pasti rame acara begituan langsung turun kealam

    ReplyDelete