Kegunaannya Tutup Pentil Ban.

Qberitakan. anda seorang pengendara.? Kendaraan memangg sudah menjadi kebutuhan mutlak saat ini, baik Mobil atau motor, bahkan setiap hari kita menggunakan kendaraan dalam beraktifitas, dalam kendaraan terdiri dari berberapa komponen yang ada dalam kendaraan, Komponen dari kendaraan tersebutlah yang membuat kendaraan bisa berjalan dengan baik, seperti mesin, rantai, rem , ban, lampu utama lampu riting sepion dan Tutup Pentil ban, jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada maka akan menyebabkan kendaraan tersebut tidak akan bisa kita gunakan. misalkan ban. nah sudah barang pasti jika motor tanpa ban tidak akan bisa kita gunakan, Rem jika kendaraan tidak mempunyai Rem kendaraan akan tetap bisa berjalan, tapi itu akan mengancam keselamatan kita. 

Begitu juga dengan Tutup Pentil ban, Masih banyak yang menganggap tutup pentil ban tidak terlalu penting bagi sebuah kendaraan. Padahal, benda mungil ini ternyata memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Seperti dilansir situs resmi Toyota, tutup pentil ban memiliki fungsi yang berkaitan dengan keselamatan berkendara kita. Tutup pentil ban atau yang biasa disebut valve cap ini bertugas mencegah masuknya kotoran, debu, air atau juga lumpur ke bagian leher pentil. 

Tentu saja jika ban dibiarkan terbuka tanpa tutup pentil, kotoran bisa masuk ke bagian leher yang terbuat dari besi dan bisa menyebabkan kerusakan karena korosi. Dalam jangka panjang, korosi ini bisa merusak bagian lain dari ban mulai dari per dan penonjok (puncher) sehingga angin di dalam ban keluar. Selain itu, jika terjadi kerusakan pada bagian pentil sehingga menyebabkan kebocoran dengan adanya tutup pentil ini masih bisa ditahani. Ban tidak akan cepat kempes sehingga ada waktu untuk memperlambat kendaraan saat tengah dalam perjalanan. Saat ini, banyak jenis tutup pentil yang bisa Anda dapatkan di pasaran dengan berbagai model. Model yang pertama adalah tutup bawaan pabrik, umumnya berbahan plastik dan berwarna hitam. Tutup pentil model ini secara umum sudah memadai namun memiliki jangka waktu pemakaian tertentu. 

Sumber Poto www.otosia.com

Bila mobil atau motor kita menggunakan tutup pentil ban jenis berbahan plastik ini, usahakan untuk memeriksanya secara berkala pada kondisi fisiknya. Bila kondisi tutup sudah retak-retak, longgar dan ulirnya dol, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru. 

Sumber Poto mobiloka.com

Model yang kedua adalah tutup pentil ban berbahan metal yang biasanya lebih awet dan membuat ban tidak cepat kempes karena tutup ini sudah dilengkapi dengan sil karet di dalamnya. 

Sumber Poto bmv.co.id

Model yang ketiga adalah tutup pentil dekoratif dengan berbagai macam bentuk dan kerap digunakan para modifikator untuk mempercantik bagian ban. Namun, saat memilih tutup pentil ban ini sebaiknya memperhatikan ukuran sesuai lubang ban kendaraan. Selain itu, kita juga harus memastikan apakah tutup pentil dapat terpasang dengan baik dan benar demi keselamatan kita dalam berkendara.


Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

8 komentar:

  1. Waw ternyata si kecil ini fungsinya besar juga ya kang, alhamdulillah untung kendaraan saya sudah di pasang, makasih kang admin infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang Iman LUkman, Hal kita anggap sepele ternyata mempunyai manfaat yang penting.

      Delete
  2. Kecil kecil cabe rawit, walaupun kecil harus dirawit, eh, dirawat ya kang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ha Iya kang benl sekali itu eh bener sekali kang cit cit cit cit

      Delete
  3. Wahhhhg... harus hati hati nih kang demi keselamatan dunia dan akhirat.. walau kecip tapi tetap diperlulan.. bukan begitu kang??? Heeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha beanr kang, jangan dipandNG DARI KECIL NYA.! TAPI kASIATNYA KNAG.. Ha ha ha bener kang.!

      Delete
  4. kalau saya lebih suka tutup yang berbahan metal...elegant kesannya kang...tpi yang terpenting manfaatnya ya kang... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang Syamsul Alam., lebih awet dan tahan lama..

      Delete