Karya Anak Bangsa R80 Mengudara 2021

Sumber Poto: http://www.dakwatuna.com

Qberitakan. Siapa yang tidak mengenal sosok pria Kelahirkan Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie, seoaang Pria dengan Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Karena kecerdasannya, Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk di ITB (Institut Teknologi Bandung), Ia tidak sampai selesai disana karena beliau mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliahnya di Jerman, karena mengingat pesan Bung Karno tentang pentingnya Dirgantara dan penerbangan bagi Indonesia maka ia memilih jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH). Saat ini Mantan Presiden RI, DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. 

Bacharuddin Jusuf Habibie sedang mengembangkan peasawat rancangan beliu yaitu pesawat turboprop bernama R80 yang bakal mengudara 2021. Pesawat ini diklaim lebih unggul dari pesawat jenis ATR 72-600 buatan Perancis-Italia. 

Pesawat yang dirancang dan dikembangkan oleh Mantan Presiden BJ Habibie dan putranya, Ilham Habibie ini diklaim lebih hemat 10-15% konsumsi bahan bakarnya dibanding ATR 72. Selain lebih hemat, pesawat ini juga memiliki badan lebih besar 10% dan lebih panjang 25% dibandingkan ATR-72. Selain itu, kapasitas bisa mengangkut 100-110 penumpang. 

Rencananya PT Dirgantara Indonesia (PTDI) akan menjadi kontraktor pengembangan pesawat R80 yang dikembangkan PT RAI. Habibie melalui RAI bekerjasama dengan PTDI melakukan persiapan pengembangan R80. Pesawat ini awalnya bisa mengudara pada 2019, namun molor 2 tahun atau baru bisa terbang pada 2021. 

Pesawat ini Didesain untuk rute pendek dengan jarak tempuh kurang dari 600 km dan mampu diakomodasi oleh bandara dengan landasan pendek. Sangat cocok untuk negara kepulauan seperti Indonesia. Diharapkan R-80 ke depan bisa menghubungkan pulau-pulau terpencil diindonesia, 

Merupakan sebuah kebanggan bagi kita Pesawat R80 ini dikembangkan sepenuhnya oleh anak-anak bangsa. Desainnya dikerjakan oleh 50 ahli, termasuk para ahli dari PT Dirgantara Indonesia.. Kita Tunggu karya anak bangsa kita menghiasi dirgantara langit Indonesia, Salam sukses Selalu Qberitakan.com

Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

8 komentar:

  1. setuju mas, semoga Indonesia juga bisa jaya di udara seperti dekade 1990-an dulu
    makasi informasin yang informatif :)

    *bookmark deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Choirul Huda, semoga indonesia selalu jaya dilaut didarat dan diudara aamiin.

      Delete
  2. Alhamdulillah sekarang indonesia sudah bisa menciptakan pesawat terbang sendiri, sebagai anak bangsa saya bangga dengan indonesia, semoga sukses dan lancar dengan pesawat tebangnya .. amin yra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... aamiin yarobal alaamiin.

      Delete
  3. Kalo piitik di indonesia tidak mengganggu industri. mungkin sudah dulu pesawat pak habibi ini terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang bahkan Gatot kaca Yang dulu sudah launcing tapi sayang... entan apa masalahnya bisa ilang lagi..

      Delete
  4. Hmm seharusnya tuh yang dipublikasikan yang kaya begini bukan yang jeleknya saja yang harus dipublikasikan, itulah indonesia kang bos sungguh aneh orang orangnya termasuk saya (yang suka melongo di depan komputer sambil garuk garuk layar monitor sampai rusak).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh Maaf Kang Nurul ITU yang Anek-aneh saya gak ikut ikut kang, Akang Nurul Iman Aja yang Aneh, saya tidak berminat. wkwkkwkwkwkwkkw

      Delete