Destinasi Pantai di Pulau Bangka Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

Happy Sunny Sunday guys! Masih pada bingung mau kemana weekend kali ini? Bosen nge-Mall terus? Coba ke Pantai, yuk! Mau coba “Maldives”-nya Indonesia? Kalian bisa buat cheapest trip ke Pulau Bangka, nih! Dari Jakarta, ada beberapa penerbangan menuju Pangkalpinang, ibu kota provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan tiket yang dibandrol mulai dari 299.000,- aja. Perjalanan melalui udara ini dapat ditempuh selama 55 menit dari Bandar Udara International Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Depati Amir, Pangkalpinang. Berikut, beberapa spot pantai favorit yang sering dikunjungi wisatawan saat berada di Pulau Bangka dan dekat dengan pusat kota.
1. Parai Beach Resort & Spa

Tampak Atas Parai Beach Resort & Spa

Terletak di Kota Sungailiat, Pantai Parai Tenggiri ini menjadi salah satu pantai terfavorit bagi wisatawan yang berlibur ke Pulau Bangka. Perjalanan menunju pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua selama 45 menit dari Kota Pangkalpinang. Di Resort ini, pengunjung dapat menikmati fasilitas kolam renang, resto, dan permainan air seperti bananaboat dan jetski air. Selain itu, bagi yang ingin memanjakan diri setelah perjalanan jauh terdapat pula fasilitas Spa. Untuk dapat menikmati pemandangan pantai di Parai Beach Resort & Spa ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 25.000/orang. Jika ingin berenang, dikenakan biaya Rp.35.000/orang tanpa biaya masuk. 

2. Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban
Tidak jauh dari Parai Beach Resort & Spa, terdapat sederetan pantai alami yang belum dikelola oleh investor. Salah satu yang ramai dikunjungi adalah Pantai Turun Aban. Pantai ini merupakan pantai dimana terdapat banyak kapal nelayan yang bersandar. Babatuan granit yang membentuk seperti bukit menambah keindahan pantai ini. Banyaknya karang indah nan mempesona membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkeling. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp.3000/orang untuk dapat masuk ke beberapa pantai yaitu, Pantai Turun Aban, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pantai Matras. Bagi yang ingin snorkeling di Pantai Turun Aban, anda hanya perlu membayar Rp.100.000/orang dan sudah mendapatkan fasilitas lengkap untuk snorkeling.

3. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona
Tanjung Pesona Beach Resort, Sungailiat
Salah satu resort lain yang ada di Pulau Bangka adalah Tanjung Pesona Beach Resort yang juga terletak di Kecamatan Sungailiat, tepatnya di Desa Rambak. Pantai ini dapat ditempuh melalui jalan Lintas Timur dari Kota Pangkalpinang selama 30 menit. Di resort ini terdapat tempat bermain anak sehingga pantai ini menjadi pilihan terbaik bagi keluarga yang ingin berlibur. 

Playground, Tanjung Pesona Beach Resort
Playground, Tanjung Pesona Beach Resort
Untuk dapat masuk ke resort ini dan menikmati pantai Tanjung Pesona, anda perlu merogoh kocek sebesar Rp.10.000/orang saja. Dan jika anda ingin melakukan trip lebih dari satu pantai, pantai Tanjung Pesona juga bersebelahan dengan Pantai Teluk Uber, Pantai Rambak, dan Pantai Tikus. Harga yang perlu dikeluarkan untuk tiga pantai tersebut hanyalah biaya parkir sebesar Rp.2000/motor di setiap pantai.

4. Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Puri Tri Agung merupakan salah satu objek wisata agama dan budaya di Pulau Bangka yang baru diresmikan 2015 lalu. Pagoda vihara ini terletak di pinggir  Pantai Tikus, Kecamatan Sungailiat yang dapat ditempuh selama 30 menit dari Kota Pangkalpinang. Kesan berada di luar negeri dapat dirasakan apabila berada di Pagoda vihara ini. Ditambah dengan pemandangan yang menghadap langsung ke Pantai Tikus menambah nilai plus untuk objek wisata ini.
5. Pantai Pasir Padi

Mungkin tepat bila Pulau Bangka dan Pulau Belitung dianggap sebagai “Maldives”-nya Indonesia. Beberapa pantai dapat ditempuh hanya dalam waktu 5 menit dari pusat kota, seperti Pantai Pasir Padi ini. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat ramai dikunjungi ketika hari libur. Pasir putih yang padat, serta air laut yang landai menjadikan Pantai Pasir Padi sebagai salah satu tujuan wisata keluarga favorit di Kota Pangkalpinang karena anak-anak dapat mandi di pinggir pantai dengan cukup aman.

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang
Selain itu, diakhir pekan pantai ini ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan dan berbagai tujuan. Anda dapat melihat pertunjukan para pemuda yang memainkan hobinya seperti balap motocross, car drift, menerbangkan pesawat dengan remot control dan lain sebagianya. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi anda perlu membayar uang retribusi sebesar Rp.2000-, utuk pengendara roda dua, dan Rp.5000-, untuk pengendara roda empat.

6. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai, Bangka Tengah
Salah satu  destinasi wisata yang sering dikunjungi ketika berada di Pulau Bangka adalah pulau-pulau kecil yang menyimpan beragam pemandangan indah. Pulau Ketawai salah satunya. Untuk dapat menyebrang ke Pulau Ketawai, wisatawan biasanya menyewa kapal nelayan yang ada di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah. Dari Kota Pangkalpinang, Desa Kurau dapat ditempuh selama 30 menit. Harga sewa kapal nelayan berkisar antara Rp.800.000 hingga Rp.1.000.000 tergantung negosiasi dengan pemilik kapal.

7. Pulau Puteri

Pulau Putri, Belinyu
Pulau kecil lainnya yang biasa menjadi destinasi wisata saat liburan menjelang adalah Pulau Puteri. Pulau kecil yang terletak di Belinyu ini menjadi salah satu destinasi terfavorit karena selain pemandangan pantai yang indah, melalui pulau ini kalian juga ditawarkan untuk melakukan snorkeling karena keindahan karang-karangnya.

Pantai Penyusuk, Gerbang Pulau Putri dan Pulau Lampu
Pulau Puteri dapat ditempuh melalui Pantai Penyusuk menggunakan perahu nelayan yang disewa dengan harga Rp.20.000/orang hingga Rp.30.000/orang. Dari Pulau Puteri ini anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset yang indah. Jika ingin melakukan trip tambahan, anda dapat merencanakan untuk menyeberang ke Pulau Lampu yang terletak bersebelahan dengan Pulau Putri. Di Pulau Lampu, anda dapat menyaksikan langsung desiran ombak air laut yang mengarah langsung ke samudera.


Terimakasih atas kunjungan Anda di Q-BERITAKAN. "Bagi yang Berminat menulis di Q-BERITAKAN?. Punya Pengalaman Unik dan Menarik, atau ingin Berbagi Cerita, Berita, Informasi, Senibudaya dan informasi lainya. Silahkan Kirim tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau Melalui Contact Us di bagian atas.
Share on Google Plus

About Admin bos

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

26 komentar:

  1. Yg bikin foto juga pinter ngambil gambarnya tuh 👑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang Tabuh Gong,. Memang manteb banget potografernya, tapi memang didukung dengan pemandangan yang keren serta sentuhan editornya yang mantab.!

      Delete
  2. Aku suka dengan tiket masuknya itu. Sungguh terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang terjangkau sekali kang,!

      Delete
  3. Kapan kapan harus msin kesini ah mas... Pingin lihat lebih dedekat wiharanya.

    ReplyDelete
  4. Pulau Bangka memang terkenal dengan destinasi wisatanya juga karena banyaknya pantai yang indah.

    kenapa nggak follow blog ya...nggak penting kayanya mah euy, padahal udah di review....udah merasa top ya mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kang langsung Ktkp.. Wah gaswat nih akang udah marah. Cixixi pisss kang

      Delete
    2. salah satu mengakrabkan diri ala saya mah emang begitu, yang udah lama kenal saya mah udah nggak aneh.

      ..galak tapi hatinya selembut rambut ibue...eh

      soalnya saya mah selalu pengen semua anak muda yang deket ke saya, harus dan wajib lebih maju dan sukses dari saya....tauuuu

      Delete
    3. Memang akang mah luar biasa, siap kang yakin dan terus semangat saya untuk lebih maju kang.! Suport nya slalu di tunggu ya kang.! Saya merasa lebih bsngga dapat perhatian dari kang master.!

      Delete
  5. pantai tanjung pesona menawan hati..... apalagi harga tiketnya murah banget.... yang murah-murah itu yang dicari... tapi isinya tetap keren.... wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang... Biar murah tapi betkualitas.. Ci xi xi

      Delete
  6. Wah sepertinya ini sangat menarik sekali, harus di coba nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo kang... Nanti saya yang jadi gaet nya ya... He he he

      Delete
  7. Hmmm jadi pengen coba euy kang kayanya lebih muantappp gituh kalau dikunjungi orang ganteng pasti pemandangannya akan jauh lebih enak dipandang kalau ada orang ganteng berkunjung kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh kang.! Tambah ganteng nanti akang kesanabtuh.

      Delete
  8. Wihh kerennyaa...
    nuansanya berbeda dgn panorama alam yg lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lebih manteb lah tentunya wk wk wk

      Delete
  9. Jadi kepingin lihat Pagoda Vihara Puri Tri Agung..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih mqntap kang... Saya sudah 2 kali kesana madih ingin lagi main kesini lagi kang... He he he

      Delete
  10. pulai putri belinyu, ini yangenggoda, ada putri unyu unyu nya kan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo ada kang.. Kalau akang kesini nanti di kasih kang xi xi xi xi

      Delete
  11. Saya ingin ke pantai tanjung pesona mas yang ada di desa rambak, Biar terlihat mempesona gtu :)

    ReplyDelete
  12. Jatuh hati sama pulau puteri :-O
    Airnya jernih banget.. dan enak ya mungkin kalau siang-siang nyebur kesitu..
    btw kala main ke pulau puteri ane bisa dapet puterinya juga nggak ya om ?? :D

    ReplyDelete